Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Toyota Vios Gen 3, Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Meskipun sudah berumur, Vios Gen 3 masih menjadi pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan mobil bekas dengan kualitas terbaik. Selain harganya terjangkau

Toyota Vios merupakan salah satu mobil keluarga terlaris di Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, Vios juga dikenal sebagai mobil tangguh dan irit bahan bakar.

Tidak heran jika banyak orang yang masih setia dengan Vios meskipun sudah memasuki generasi terbaru. Salah satu generasi Vios yang paling banyak dicari adalah Vios Gen 3 yang diproduksi pada 2013 hingga 2017.

Meskipun sudah berumur, Vios Gen 3 masih menjadi pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan mobil bekas dengan kualitas terbaik. Selain harganya yang terjangkau, Vios Gen 3 juga memiliki banyak kelebihan.

toyota vios gen 3

Kelebihan Toyota Vios Gen 3

Berikut ini sejumlah kelebihan yang dimiliki Toyota Vios Gen 3:

1. Desain Long Lasting dan Modern

Desain eksterior Vios Gen 3 terlihat lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya. Lampu depan yang lebih ramping dan bodi lebih tegas memberikan kesan sporty pada mobil ini.

Meskipun sudah berumur hampir 10 tahun, desain Vios Gen 3 tidak terlihat ketinggalan zaman. Bahkan tampilannya masih segar dan stylish dibandingkan beberapa mobil keluaran terbaru.

2. Kabin Luas dan Nyaman

Salah satu keunggulan utama Vios Gen 3 adalah kabinnya yang luas dan nyaman. Ukuran mobil yang lebih panjang 110 mm dari generasi sebelumnya membuat kabin terasa lebih lega.

Joknya yang lebar dilapisi busa tebal membuat penumpang belakang bisa duduk nyaman. Kabin yang luas ini sangat cocok digunakan keluarga atau untuk mengangkut barang.

BACA:  Kelebihan dan Kekurangan Vios Limo dan Tips Membeli Bekasnya

3. Fitur Lengkap dan Modern

Sebagai mobil keluarga, Vios Gen 3 sudah dilengkapi berbagai fitur modern untuk kenyamanan dan keamanan. Mulai dari AC digital dual zone, head unit touchscreen, MID, hingga keyless entry dan push start.

Fitur keselamatan seperti dual airbag, ABS, BA, serta GOA body juga sudah tersedia. Jadi performa dan kenyamanannya tidak kalah dengan mobil kelas menengah saat ini.

4. Handling Stabil dan Suspensi Empuk

Performa mesin 1NZ-FE 1.5L pada Vios Gen 3 cukup bertenaga dengan torsi dan tenaga maksimal yang optimal. Ditambah suspensi MacPherson strut membuat mobil stabil dan nyaman dikendarai.

Mobil tangguh ini cocok untuk pemakaian sehari-hari di dalam kota maupun untuk bepergian jauh. Stabilitas dan keseimbangan mobil terjaga dengan baik di berbagai kondisi jalan.

5. Perawatan Mudah dan Sparepart Mudah Dicari

Sebagai salah satu mobil Toyota terlaris, suku cadang utama dan sparepart Vios Gen 3 sangat mudah ditemukan. Baik di bengkel resmi Toyota maupun bengkel umum.

Perawatannya juga mudah dan service rutin bisa dilakukan di bengkel mana saja. Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi kemudahan dan kenyamanan berkendara.

6. Konsumsi BBM Irit

Mesin 1NZ-FE pada Vios Gen 3 terkenal irit BBM dan tahan lama. Dengan kapasitas tangki 42 liter, jarak tempuh bisa mencapai 450-500 km untuk pemakaian dalam kota.

Konsumsi bahan bakar rata-rata 11-15 km/liter sangat menghemat pengeluaran BBM. Ideal untuk mobil keluarga yang sering digunakan sehari-hari.

vios gen 3 modifikasi

Kekurangan Toyota Vios Gen 3

Di balik semua kelebihannya, Vios Gen 3 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Kaki-kaki Depan Rawan Rusak

Kaki-kaki bagian depan seperti tie rod, ball joint, dan bushing swing arm rawan mengalami kerusakan. Umumnya setelah pemakaian lama dan jarang mendapat perawatan.

Kerusakan ditandai dengan munculnya suara berisik saat melewati jalan tidak rata. Biayanya tidak murah jika harus mengganti kaki-kaki depan ini.

2. Kabin Bising

Material peredam pada kabin Vios Gen 3 dirasa masih kurang. Suara mesin dan suara jalanan masih terdengar cukup jelas saat berkendara. Apalagi saat hujan, suara air yang jatuh terdengar nyaring.

BACA:  Toyota Land Cruiser Prado Terbaru, SUV Legendaris yang Semakin Gagah

3. Ground Clearance Rendah

Jarak mobil ke permukaan tanah alias ground clearance Vios Gen 3 hanya 145 mm. Angka ini lebih rendah dibanding kompetitor sekelasnya yang rata-rata 165 mm.

Ground clearance rendah membuat mobil ini rentan terperosok saat melewati jalan tidak rata atau polisi tidur. Mobil jadi mudah tergores di bagian bawahnya.

4. Material Interior Murah

Kualitas bahan interior seperti dashboard dan panel pintu terkesan murahan karena menggunakan plastik keras. Ini tentu berpengaruh pada rasa premium dari kabin mobil.

5. Citra Mobil Taksi

Banyaknya Vios Gen 3 bekas digunakan sebagai armada taksi membuat mobil ini sulit lepas dari citra mobil taksi. Bagi sebagian orang, citra ini mengurangi kesan premium dari Vios.

Kesimpulan

Toyota Vios Gen 3 adalah pilihan mobil bekas yang tepat bagi keluarga dengan budget Rp 130-150 jutaan. Performa mesin yang tangguh dan irit BBM menjadi nilai lebih Vios Gen 3.

Kabin luas dan fitur modern juga memberikan kenyamanan berkendara. Namun ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan seperti ground clearance rendah dan kaki-kaki depan yang rawan rusak.

Secara keseluruhan, Vios Gen 3 masih layak dijadikan pilihan utama mobil keluarga bekas. Dengan merawatnya dengan baik, performa dan kenyamanan Vios Gen 3 bisa bertahan lama.

Itulah ulasan lengkap mengenai segala kelebihan dan kekurangan Toyota Vios Gen 3 sebagai mobil bekas. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari mobil tangguh dengan budget terbatas.

Pertanyaan seputar Vios Gen 3

Berikut 5 pertanyaan yang sering ditanyakan terkait Toyota Vios Gen 3:

Apa kelebihan utama dari Toyota Vios Gen 3?

Kelebihan utama Toyota Vios Gen 3 antara lain kabin yang luas dan nyaman, fitur lengkap dan modern, mesin tangguh dan irit BBM, serta sparepart yang mudah dicari.

Berapa harga Toyota Vios Gen 3 bekas saat ini?

Harga Toyota Vios Gen 3 bekas saat ini berkisar Rp 130-150 jutaan, tergantung tahun pembuatan, jarak tempuh dan kondisi unit.

Apa kekurangan Toyota Vios Gen 3 yang perlu diwaspadai?

Beberapa kekurangan Toyota Vios Gen 3 antara lain kaki-kaki depan yang rawan rusak, ground clearance rendah, serta kabin yang kurang peredam suara.

BACA:  Motor Bekas Honda Scoopy 2017, Masih Worth It di 2023?

Apa perbedaan Toyota Vios Gen 3 dan Gen 2?

Jawaban: Perbedaan utama Toyota Vios Gen 3 dan Gen 2 terletak pada desain eksterior dan interior yang lebih modern, serta penambahan fitur keamanan dan kenyamanan.

Berapa konsumsi BBM Toyota Vios Gen 3?

Jawaban: Toyota Vios Gen 3 memiliki konsumsi BBM yang irit, rata-rata 11-15 km/liter untuk pemakaian dalam kota, dan bisa lebih hemat lagi untuk pemakaian luar kota.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *