Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kelebihan dan Kekurangan Vios Limo dan Tips Membeli Bekasnya

Vios limo merupakan versi modifikasi dari vios standar yang memang diperuntukkan sebagai armada taksi karena harga terjangkau dan konsumsi bahan bakar irit.

Mobil Vios Limo memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya, Vios Limo telah menjadi andalan armada taksi di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya. Hal ini tentu membuat Vios Limo seolah identik dengan armada taksi.

Namun, nyatanya Vios Limo juga menjadi pilihan mobil keluarga karena ukurannya yang pas, performanya yang mumpuni, serta fitur dan kenyamanannya yang baik. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih detail mengenai asal usul, kelebihan, kekurangan, hingga tips memilih Vios Limo sebagai mobil pribadi maupun keluarga.

Asal Usul Toyota Vios Limo

Sebelum masuk ke pembahasan lebih detail, penting untuk mengetahui asal mula kehadiran Toyota Vios Limo di Indonesia.

Perbedaan Vios Limo dan Vios

Pada dasarnya, Toyota Vios Limo merupakan versi modifikasi dari Toyota Vios yang memang diperuntukkan sebagai armada taksi. Oleh karena itu, ada beberapa perbedaan antara Vios Limo dan Vios standar, di antaranya:

Desain Eksterior

  • Vios Limo memiliki desain yang lebih sederhana dan minimalis.
  • Tidak dilengkapi foglamp dan lampu sein LED.
  • Velg masih kaleng, bukan alloy.
  • Lampu depan model halogen, bukan proyektor.

Desain Interior

  • Vios Limo tidak dilengkapi dengan multimedia touchscreen.
  • Fitur seperti power window dan kaca spion elektrik tidak tersedia.
  • Interior berwarna hitam polos.
  • AC masih knop, bukan digital.

Performa Mesin

  • Mesin Vios Limo sama dengan vios yaitu 1500cc, namun ada perbedaan yaitu Vios menggunakan 1.5L Petrol Engine, In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC. Sementara untuk Limo menggunakan mesin yang berada di bawah kelas vios yakni 2NR-FE, 4 Cylinders in-line, 16 Valve, DOHC Dual VVT-i.
  • Transmisi hanya manual, tidak ada tiptronic
BACA:  Transmisi CVT pada Mobil, Lebih Unggul dari AT?

Kaki-kaki

  • Vios Limo masih menggunakan rem tromol di belakang, bukan cakram.

Harga

  • Vios Limo jauh lebih murah dibandingkan vios standar.

Nah, dari perbedaan di atas, bisa disimpulkan bahwa memang Vios Limo didesain lebih simpel dan minim fitur demi menekan biaya produksi sehingga harganya bisa lebih terjangkau dibanding Vios standar.

vios limo

Mengapa Dipilih sebagai Armada Taksi?

Lantas, mengapa Toyota memilih Vios Limo sebagai armada taksi dibandingkan mobil lainnya? Beberapa alasan yang membuat Vios Limo cocok sebagai armada taksi, antara lain:

  • Harga terjangkau dan hemat bahan bakar
  • Mesin tangguh dan awet dengan perawatan berkala
  • Interior lapang dan muat penumpang beserta bagasi
  • Part dan suku cadang mudah didapat
  • Resale value tetap tinggi meski bekas armada taksi

Dengan berbagai keunggulan tersebut, wajar saja jika Vios Limo menjadi armada taksi favorit di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan beberapa perusahaan taksi besar seperti Blue Bird dan Express juga menjadikan Vios Limo sebagai armada andalan.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Limo

Setelah mengetahui asal usul Vios Limo, selanjutnya mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya agar bisa menjadi pertimbangan saat akan membeli mobil ini.

Kelebihan Toyota Vios Limo

Beberapa kelebihan dari Vios Limo yang perlu Anda ketahui di antaranya:

1. Harga terjangkau

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, memang harga Vios Limo lebih murah dibandingkan Vios standar. Hal ini karena Vios Limo minim fitur dan lebih sederhana. Untuk tahun keluaran 2013-2015, harga Vios Limo bekas berkisar Rp 75 – 90 jutaan.

2. Mesin tangguh dan irit bahan bakar

Toyota Vios Limo menggunakan mesin 1500cc yang sama dengan Vios. Mesinnya terbukti tangguh dan awet meski digunakan rutin setiap hari. Selain itu, konsumsi bahan bakar Vios Limo juga cukup irit yaitu rata-rata 1:15 untuk campuran.

3. Kaki-kaki kuat

Meski menggunakan rem tromol di bagian belakang, Vios Limo memiliki kaki-kaki yang cukup kuat untuk kelasnya. Komponen suspensi depan dan belakang menggunakan McPherson strut dan torsion beam yang awet.

4. Kabin lapang

Vios Limo memiliki dimensi sedikit lebih besar dibanding Vios. Sehingga kabinnya terasa lebih lapang dan nyaman untuk penumpang.

5. Mudah dijual kembali

Vios limo juga memiliki nilai jual kembali yang baik. Bahkan meski sudah bekas armada taksi, Vios Limo masih diminati banyak pembeli karena kondisinya yang terjaga dan harganya terjangkau.

Kekurangan Toyota Vios Limo

Di sisi lain, ada beberapa kekurangan dari Vios Limo yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Minim fitur

Sebagai versi murah dari Vios, Toyota memang sengaja membuat Vios Limo minim akan fitur agar harganya bisa ditekan. Sehingga jangan berharap fitur canggih pada mobil ini.

BACA:  Motor Bekas Honda Scoopy 2017, Masih Worth It di 2023?

2. Performa standar

Performa mesin Vios Limo standar dan tidak bisa diharapkan terlalu banyak. Tenaga maksimal yang dihasilkan hanya 106 hp dan torsi 140 Nm. Cukup untuk kebutuhan sehari-hari tapi tidak bisa dipaksa.

3. Kabin sempit

Meski modifikasi sedikit lebih besar, kabin Vios Limo masih tergolong sempit dan minim ruang gerak jika dibandingkan MPV atau SUV.

4. Suspensi kurang nyaman

Suspensi Vios Limo dirancang keras agar tahan beroperasi terus-menerus. Akibatnya tingkat kenyamanannya sedikit berkurang.

5. Sparepart mahal

Harga sparepart asli Vios tergolong mahal. Sehingga biaya perawatan Vios Limo juga tidak murah.

Nah, itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Vios Limo yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

vios limo

Tips Membeli Toyota Vios Limo Bekas

Setelah menimbang kelebihan dan kekurangannya, mungkin Anda tertarik untuk membeli Toyota Vios Limo bekas. Jika demikian, berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan panduan:

1. Cek tahun pembuatan dan kelengkapan dokumen

Langkah pertama tentu memastikan tahun pembuatan dan kelengkapan dokumen Vios Limo yang ingin Anda beli. Usahakan memilih tahun produksi terbaru dengan range 2013-2016 agar performa dan teknologinya masih relevan saat ini.

Selain itu, pastikan semua dokumen BPKB, faktur pembelian, dan servis lengkap. Khusus untuk bekas armada taksi, mintalah juga dokumen daftar penumpang selama beroperasi.

2. Periksa kondisi fisik secara menyeluruh

Setelah memastikan dokumen, langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi fisik mobil secara menyeluruh, mulai dari body, mesin, suspensi, hingga interiornya. Jika memungkinkan, bawa montir kepercayaan Anda untuk mengeceknya.

Fokuskan pemeriksaan pada bagian yang rawan seperti radiator, kaki-kaki, dan AC. Jika perlu lakukan uji jalan terlebih dahulu untuk memastikan performanya.

3. Pertimbangkan jarak tempuh

Mobil bekas armada taksi tentu sudah menempuh ratusan ribu kilometer. Meski begitu, jangan langsung menghindar jika jarak tempuh masih wajar yaitu di bawah 200.000 km untuk usia 5 tahunan.

Pastikan saja servis berkala dan penggantian komponen vital sudah dilakukan sesuai jadwal.

4. Harga harus sesuai kondisi

Jangan mau ditipu dengan harga yang terlalu mahal untuk kondisi mobil yang sudah tua atau rusak parah. Pastikan harga yang disepakati sesuai dengan kondisi Vios Limo saat ini.

Sebagai acuan, harga vios limo 2013 sekitar Rp 75 jutaan. Harga bisa naik atau turun tergantung dari kondisi fisiknya.

5. Siapkan biaya perbaikan

Idealnya, biaya pembelian Vios Limo bekas sudah termasuk biaya perbaikan standar seperti penggantian oli, filter, dan adjusting. Namun, tetap disarankan menyisihkan Rp 5-10 juta untuk perbaikan lanjutan jika kondisi mobil belum optimal.

Demikian beberapa tips membeli Toyota Vios Limo bekas yang bisa menjadi panduan bagi Anda yang tertarik memiliki mobil tangguh dan irit ini.

BACA:  Kopling Mobil Keras? Waspadai Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengenal Penyakit Umum Vios Limo Bekas Armada Taksi

Selain tips memilihnya, Anda juga perlu waspada terhadap penyakit umum yang biasa muncul pada Vios Limo bekas armada taksi. Beberapa masalah yang sering ditemukan antara lain:

1. AC lemah

AC lemah atau tidak dingin lagi merupakan keluhan klassik Vios Limo bekas taksi akibat pemakaian yang intensif setiap hari. Biasanya disebabkan kompresor atau kipas yang sudah aus.

2. Oli atau radiator bocor

Oli bocor bisa disebabkan seal mesin yang sudah rapuh. Sedangkan radiator bocor umum terjadi pada mobil tua karena termakan usia dan korosi. Perlu pengecekan rutin pada kedua komponen vital ini.

3. Bunyi tak wajar pada suspensi

Suspensi yang sudah lemah bisa menimbulkan bunyi tak wajar saat melewati jalanan yang tidak rata. Perhatikan kondisi strut, shockbreaker, bushing, dan komponen lainnya.

4. Rem blong

Masalah pada master rem, kampas, dan cairan rem bisa menyebabkan rem blong dan tidak responsif. Pastikan sistem rem dalam kondisi prima sebelum mobil dioperasikan.

5. Starter sulit hidup

Kerusakan pada komponen pengapian seperti busi, coil, dan batere bisa membuat mesin sulit dihidupkan. Jangan sepelekan masalah ini dan segera lakukan diagnosa.

Nah, itulah beberapa penyakit umum pada vios limo bekas armada taksi yang wajib diperhatikan. Jika menemukan gejala tersebut, segera bawa ke bengkel agar tidak berlarut dan menimbulkan kerusakan parah.

Catatan Penting Sebelum Beli Vios Limo Bekas Taksi

Ada beberapa catatan penting yang perlu Anda ingat sebelum membeli Toyota Vios Limo bekas armada taksi, yaitu:

  • Pilih mobil dengan kilometer tempuh wajar yaitu under 200.000 Km agar performanya masih prima.
  • Konfirmasi riwayat servis berkala dan ganti oli rutin agar mesin awet.
  • Periksa kerapatan AC karena rawan kebocoran akibat pemakaian harian.
  • Focus pemeriksaan pada kaki-kaki untuk mendeteksi kerusakan sejak dini.
  • Pastikan harga sesuai dengan kondisi fisik mobil saat ini, jangan mau dibohongi.
  • Siapkan biaya service dan perbaikan lanjutan jika diperlukan.
  • Hindari membeli dari showroom langsung, pilih yang sudah jual beli beberapa kali.
  • Beli di tempat terpercaya dan lengkap dokumen aslinya.

Demikian beberapa tips dan catatan penting saat membeli Toyota Vios Limo bekas armada taksi. Meski bekas pakai, Vios Limo terbukti tangguh dan layak jadi alternatif mobil keluarga dengan budget terbatas asalkan Anda cermat dalam memilihnya.

Point of View Mengenai Toyota Vios Limo

Toyota Vios Limo memang menuai persepsi yang beragam di masyarakat. Di satu sisi, Vios Limo dikenal sebagai mobil murah meriah yang diandalkan sebagai armada taksi.

Di sisi lain, Vios Limo kerap diremehkan sebagai mobil keluarga karena dianggap tidak sekelas Vios standar. Padahal sebenarnya Vios Limo layak diperhitungkan sebagai opsi mobil tangguh dan irit dengan segudang kelebihan yang ditawarkan.

Berdasarkan ulasan panjang di atas, berikut beberapa kesimpulan menyeluruh mengenai Vios Limo yang bisa dijadikan bahan pertimbangan:

  • Vios Limo merupakan versi modifikasi dari Vios standar yang memang diperuntukkan sebagai armada taksi karena harga terjangkau dan konsumsi bahan bakar irit.
  • Dibandingkan Vios standar, Vios Limo memiliki desain eksterior dan interiror yang lebih sederhana serta minim fitur.
  • Mesin vios limo sama tangguhnya dengan vios standar yaitu 1500cc dengan transmisi manual.
  • Performa Vios Limo standar dan tidak bisa diharapkan terlalu banyak untuk kelasnya.
  • Harga Vios Limo lebih murah hingga Rp 30-50 jutaan dibanding vios standar

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *