Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

9 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Efektif

Cara menghilangkan bau badan antara lain dengan mandi 2 kali sehari, menggunakan sabun anti bakteri, deodoran, mencukur bulu ketiak, memilih bahan pakaian

Bau badan yang menyengat tentu sangat mengganggu pede kita bukan? Nah biar ga malu-maluin, mari kita pelajari cara menghilangkan bau badan secara alami dan efektif berikut ini!

Penyebab Bau Badan dan Faktor yang Mempengaruhi

Sebelum masuk ke cara-caranya, kita perlu paham dulu nih apa sih yang bikin badan kita baunya ga enak.

Pertama, kita perlu tau bahwa sebenarnya keringat itu nggak bau. Iya beneran!

Nah terus kenapa ya kita bisa bau kalau keringatnya nggak bau?

Jawabannya adalah karena ada bakteri di kulit kita yang suka banget makan protein dari keringat tersebut. Saat mereka makan, mereka buang sampah berupa asam yang baunya super menyengat!

Selain itu, bau badan juga bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon androgen di dalam tubuh, terutama saat pubertas. Makanya kaum remaja sering banget mengalami masalah bau badan saat puber dong!

Nah selain 2 faktor utama tersebut, ternyata banyak hal lain yang bisa memperparah baunya lho. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi bau badan:

1. Aktivitas Fisik Berat

Aktivitas yang bikin kita banyak berkeringat seperti olahraga atau pekerjaan berat bisa bikin baunya makin menjadi-jadi. Soalnya keringatnya banyak banget dan jadi santapan empuk buat bakteri di kulit.

2. Pola Makan Tidak Sehat

Makan makanan yang bikin keringatan seperti makanan pedas atau berlemak bisa memperparah baunya. Belum lagi kalau kita makan bawang-bawangan yang baunya kuat, bau itu bisa keluar lagi lewat keringat lho.

3. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Orang gemuk atau obesitas cenderung berkeringat lebih banyak, sehingga bakterinya jadi lebih subur dan bau badannya otomatis lebih parah.

BACA:  10 Manfaat Kumis Kucing, Si Cantik Penyembuh Ajaib

4. Penyakit Tertentu

Beberapa jenis penyakit seperti kanker stadium akhir, gagal ginjal, gagal hati atau gangguan tiroid bisa mengubah bau keringat menjadi lebih tidak sedap. Konsultasikan dengan dokter jika mengalami gejala ini ya.

5. Stres

Stres bisa memicu tubuh memproduksi keringat lebih banyak, yang otomatis jadi asupan lezat buat bakteri pemicu bau.

6. Jarang Mandi

Yap, kurang bersih badannya ya wajar baunya kurang sedap dong. Bakterinya jadi makin subur dan koloni di badan kita. Mandilah minimal 2x sehari biar ga jelek baunya.

7. Pakaian Ketat atau Tidak Menyerap Keringat

Pakaian yang bahannya tidak menyerap keringat dengan baik seperti jeans atau bahan sintetis bisa memperparah bau badan karena membuat badan terasa gerah dan berkeringat terus.

8. Pubertas

Nah seperti yang kita bahas sebelumnya, di masa pubertas hormon androgen kita lagi labil-labilnya dan bikin kelenjar keringat jadi super aktif memproduksi keringat. Makanya dalam fase ini bau badan sering menjadi-jadi.

Itu dia penyebab-penyebab bau badan beserta faktor yang memperparahnya. Sekarang kita udah paham kan kenapa kita bisa bau?

Nah selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara menghilangkan masalah bau badan ini secara efektif!

cara menghilangkan bau badan

9 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Efektif

Berikut ini adalah 9 cara jitu menghilangkan bau badan secara alami dan efektif:

1. Mandi Setidaknya 2 Kali Sehari

Cara paling mendasar untuk mengurangi bau badan adalah dengan menjaga kebersihan diri, terutama dengan mandi.

Usahakan mandi minimal 2 kali sehari, atau setiap kali habis berkeringat banyak, misalnya setelah olahraga atau aktivitas berat.

Saat mandi, bersihkan secara menyeluruh terutama area yang mudah berkeringat seperti ketiak, lipatan paha, leher dan punggung. Gunakan sabun cair yang mengandung anti bakteri.

Dengan rajin membersihkan diri, koloni bakteri pemicu bau badan bisa berkurang secara signifikan lho.

2. Gunakan Sabun dan Body Wash Anti Bakteri

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bakteri adalah biang keladi dari bau badan yang tidak sedap ini.

Maka dari itu, menggunakan sabun atau body wash dengan kandungan anti bakteri saat mandi bisa membunuh bakteri-bakteri tersebut.

Pilihlah sabun atau body wash yang ada label “anti bakteri” di kemasannya. Beberapa merek populer anti bakteri misalnya Dettol, Lifebuoy dan Biore. Gunakan secara rutin saat mandi ya.

3. Pastikan Mengertingkan Badan Setelah Mandi

Seringkali kita malas mengeringkan badan dengan benar seusai mandikan? Nah ini bisa jadi pemicu utama bau badan lho, meski kita udah pake sabun anti bakteri.

BACA:  Mengatasi Pilek Terus Menerus dengan Cara yang Tepat

Kulit yang masih basah dan lembab pasca mandi merupakan tempat yang sangat disukai bakteri untuk hidup dan berkembang biak.

Maka pastikan kita mengeringkan seluruh tubuh sampai benar-benar kering, terutama area yang mudah berkeringat seperti leher, lipatan badan, punggung, dada, ketiak dan selangkangan setelah mandi.

Ini akan sangat membantu mencegah timbulnya bau badan kembali setelah mandi.

4. Gunakan Deodorant atau Antiperspirant

Deodorant berfungsi membunuh bakteri penyebab bau badan di ketiak dan menghalau bau tidak sedap dengan aroma wanginya.

Sedangkan antiperspirant selain membunuh bakteri juga mengandung zat aluminium klorida dan asam salisilat yang bisa mengurangi keringat berlebih di ketiak, terutama bagi yang punya masalah hiperhidrosis atau keringat berlebih.

Oleskan deodorant atau antiperspirant di ketiak setelah mandi dan mengeringkan badan. Usahakan 2 kali sehari yaitu di pagi sebelum aktivitas dan malam sebelum tidur agar efeknya maksimal dalam menghilangkan bau badan.

5. Cukur atau Pangkas Bulu di Area Berkeringat

Area tubuh yang banyak ditumbuhi rambut seperti dada, punggung, lengan, kaki dan terutama ketiak cenderung lebih mudah berkeringat dan timbul bau tidak sedap.

Hal ini karena rambut bisa menampung lebih banyak keringat dan bakteri dibanding kulit biasa. Makanya area berambut sering jadi tempat favorit bakteri berkembang biak.

Salah satu cara mengurangi masalah ini adalah dengan mencukur atau memangkas rambut di area tersebut secara rutin, terutama bulu ketiak.

Ini bisa mengurangi tempat bakteri bersarang dan otomatis mengurangi bau badan pada area bulu tersebut. Lakukan minimal seminggu sekali agar efektif.

6. Sering Ganti Pakaian Dalam dan Pakaian

Selain mencukur bulu, mengganti pakaian luar dan dalam secara teratur setelah aktivitas atau saat mulai tercium bau badan juga sangat penting.

Karena kuman dan bakteri suka sekali menempel di pakaian lama yang sudah kotor dan berkeringat. Makanya wajib diganti agar tidak jadi sarang bakteri dan kuman!

Usahakan minimal ganti pakaian dalam sehari sekali, dan pakaian luar sehabis aktivitas yang bikin berkeringat banyak seperti olahraga atau bekerja.

Hindari memakai ulang baju bekas keringat tanpa mencuci terlebih dahulu karena justru akan memperparah bau badan.

Selain itu rajin mencuci baju agar selalu wangi dan bebas kuman ya. Menjemur di bawah sinar matahari langsung juga bagus untuk membunuh bakteri di pakaian.

7. Memilih Bahan Pakaian yang Menyerap Keringat

Selain rajin mengganti, memilih bahan pakaian yang tepat juga berpengaruh untuk mencegah bau badan kambuh.

BACA:  Ambeien Luar: Gejala, Penyebab dan Opsi Pengobatannya

Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun, linen, sutra, rayon, wool, chambray dan jersey saat beraktivitas. Bahan-bahan ini akan menyerap keringat dengan cepat sehingga tidak membuat tubuh terasa lembab.

Sebaliknya hindari memakai pakaian dari bahan yang tidak menyerap keringat dengan baik seperti jeans, vinyl, Goretex, pleather dan bahan sintetis lainnya karena akan memperparah berkeringat dan bau badan.

8. Membatasi Makanan Pemicu Bau Badan

Ternyata selain faktor kebersihan diri, makanan dan minuman yang kita konsumsi juga bisa mempengaruhi bau badan lho.

Beberapa jenis makanan yang terbukti bisa memperparah bau badan antara lain:

  • Makanan dan minuman pedas: bisa memicu keringat berlebih
  • Makanan berlemak dan berminyak: memperbanyak keringat
  • Bawang-bawangan: bau tajam bawang bisa keluar lewat keringat
  • Makanan berbahan belacan, petis, terasi: aromanya kuat dan nempel di badan
  • Seafood: amisnya bisa keliatan lewat keringat
  • Alkohol: bisa mengubah bau keringat jadi tidak sedap

Nah bukan berarti kita harus berhenti konsumsi makanan-makanan ini. Tapi sebaiknya dibatasi jumlah dan frekuensinya saja agar tidak memicu keringat dan bau badan berlebihan ya.

Tetap makan dengan porsi seimbang dan jangan berlebihan.

9. Gunakan Rempah dan Bahan Alami

Selain dengan cara-cara di atas, kita juga bisa memanfaatkan beberapa jenis rempah dan bahan alami untuk membantu menghilangkan bau badan secara efektif.

Beberapa bahan alami yang terbukti ampuh adalah:

cara menghilangkan bau badan

a. Lemon dan Jeruk Nipis

Memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi dan bersifat antibakteri alami, sehingga baik untuk menghilangkan bau badan.

Bisa digunakan dengan cara peras jeruk nipis atau lemon lalu tambahkan ke dalam air mandi. Rendam tubuh selama 15-20 menit agar aromanya meresap ke tubuh.

b. Baking Soda

Baking soda atau soda kue memiliki sifat alkali yang bisa menetralkan asam dari bakteri penyebab bau badan.

Cara pakainya cukup oleskan baking soda yang sudah ditambah sedikit air ke area ketiak. Biarkan kering lalu bilas bersih. Bisa dilakukan sehabis mandi.

c. Cuka Apel

Cuka apel juga sama, mengandung asam asetat yang membunuh bakteri penyebab bau badan.

Gunakan dengan cara mencampur cuka apel dengan air lalu sapukan di ketiak. Bilas setelah 15-20 menit. Lakukan 2-3 kali seminggu.

d. Daun Sirih

Daun sirih mengandung banyak senyawa anti bakteri dan anti jamur alami. Sangat baik untuk mencegah timbulnya bau badan.

Gunakan daun sirih dengan cara merebusnya bersama air sampai mendidih. Setelah itu rendam tubuh menggunakan air rebusan tersebut saat mandi rutin.

e. Air Rebusan Jahe

Selain dimakan atau dibuat wedang jahe, ternyata jahe juga bagus lho untuk menghilangkan bau badan.

Ini karena jahe mengandung senyawa gingerol yang bersifat anti bakteri dan anti jamur juga.

Gunakan jahe dengan cara merebusnya bersama air lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mandi. Wanginya jahe yang khas juga bisa membuat tubuh lebih segar dan harum lho.

Itu dia 9 cara alami nan efektif untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Gunakan cara-cara di atas secara rutin dan pastikan menjaga kebersihan diri dengan rajin mandi ya.

Dengan begitu masalah bau badan bisa diminimalisir dan kita jadi lebih percaya diri dong. Good luck!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *