Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Mengenal Ayam Bangkok Super – Sejarah, Ciri-Ciri, Cara Merawat hingga Kiat Sukses Budidayanya

Ayam bangkok super adalah jenis unggas yang populer di Indonesia. Bertubuh besar, tangguh, dan perilaku agresif sehingga kerap dijadikan ayam aduan atau sabung.

Ayam bangkok super merupakan salah satu jenis unggas kesayangan yang cukup populer di Indonesia. Ayam ini dikenal memiliki postur tubuh yang besar dan gagah, serta perilaku agresif sehingga sering dijadikan sebagai ayam aduan atau sabung.

Namun, tidak semua orang mengenal seluk-beluk ayam bangkok super ini dengan baik. Berikut ini kami sajikan ulasan menyeluruh tentang ayam bangkok super mulai dari sejarah, ciri-ciri, cara merawat, hingga kiat sukses dalam membudidayanya.

Sejarah Singkat Ayam Bangkok di Indonesia

Ayam bangkok pertama kali diperkenalkan di Indonesia dari Thailand sekitar tahun 1960-an. Awalnya, ayam ini hanya dibawa masuk sebagai oleh-oleh beberapa peternak ayam aduan dari Thailand.

Sejak saat itu, popularitas ayam bangkok terus menanjak hingga menjadi salah satu jenis ayam aduan favorit di Indonesia. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ayam bangkok digemari, di antaranya:

  • Postur tubuhnya yang besar dan gagah, juga gerakan yang lincah saat bertarung.
  • Memiliki teknik bertarung yang agresif dan cepat. Pukulannya bertenaga sehingga sangat mematikan lawan.
  • Mental ayam bangkok yang tidak mudah menyerah dan sanggup bertarung hingga titik darah penghabisan.
  • Banyak variasi warna bulu yang indah, seperti merah, putih, hitam, kuning, dan campuran.

Seiring waktu, ayam bangkok klasik asli dari Thailand banyak dikawin-silangkan dengan ayam lokal untuk menghasilkan anakan baru dengan kualitas terbaik. Hingga saat ini, ayam bangkok tetap menjadi salah satu jenis ayam sabung paling populer di Indonesia.

ayam bangkok super

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Super yang Perlu Diketahui

Ayam bangkok super memiliki standar ciri-ciri tertentu yang menunjukkan kualitas unggul dari sisi penampilan fisik, mental bertarung, hingga teknik bertarungnya. Berikut ini ciri-ciri utama ayam bangkok super:

BACA:  Ayam Cemani, Unggas Serba Hitam yang Langka dari Indonesia

1. Postur Tubuh Tegap dan Besar

Ciri utama ayam bangkok super adalah postur tubuhnya yang besar dan tegap. Ayam jenis ini memiliki tubuh yang terlihat berotot dan padat jika dipegang. Dada terlihat menonjol ke depan dan leher tegak hampir 90 derajat.

Ukuran tubuh ayam bangkok jantan dewasa biasanya mencapai 2,5 hingga 4 kg. Sementara itu, betina dewasa memiliki berat sekitar 2-3 kg.

2. Kepala Besar Berbentuk Buah Pinang

Kepala ayam bangkok super berukuran besar dan membulat menyerupai buah pinang. Bagian mulut dan paruh terlihat panjang dan kokoh. Mata ayam terlihat menonjol dengan tatapan tajam.

Kepala yang besar mengindikasikan ayam memiliki mental bertarung yang baik karena otak dan syaraf penggerak berada di kepala.

3. Kulit Kepala Berlipat-Lipat

Ciri lain ayam bangkok super adalah kulit kepala yang berlipat-lipat. Lipatan ini menunjukkan ayam memiliki tengkorak tulang kepala yang tebal dan kuat.

Lipatan juga berperan sebagai bantalan saat ayam menyerang atau terkena serangan. Sehingga otak dan organ kepala lainnya terlindungi dengan baik.

4. Jenggot atau Jengger Panjang

Jenggot atau jengger pada ayam bangkok super umumnya panjang dan runcing ke belakang. Bentuk jengger ini melambangkan kejantanan dan kegarangan ayam.

Jengger yang terlalu pendek dianggap kurang baik karena diyakini berkaitan dengan mental bertarung yang kurang agresif.

5. Leher Panjang dan Kotak-Kotak

Leher ayam bangkok berukuran panjang dan terbentuk kotak-kotak akibat susunan tulang yang rapat. Leher yang panjang memudahkan ayam menyerang lawan dari jarak jauh.

Sementara tulang leher yang rapat dan berkotak-kotak melambangkan kekuatan. Leher merupakan senjata utama ayam saat bertarung.

6. Kaki Besar dan Berotot

Kaki ayam bangkok super terlihat besar dan berotot, terutama bagian paha. Kulit kaki berwarna kuning dengan sisik yang rapi. Kaki yang besar mengindikasikan kekuatan dan ketangguhan ayam.

Paha dan kaki digunakan sebagai senjata utama untuk menyerang lawan. Kaki yang kuat juga penting untuk menjaga keseimbangan dan kuda-kuda saat bertarung.

7. Sayap Kencang Dipegang

Sayap ayam bangkok terasa kencang dan kokoh saat dipegang. Sayap yang dilipat rapat ke tubuh menandakan otot-otot dada dan sayap cukup kuat.

Kondisi sayap yang prima ini penting agar ayam mampu terbang dan bermanuver dengan lincah saat bertarung.

BACA:  7 Rekomendasi Platform Baca Manhwa Terbaik, Gratis, dan Legal

8. Bulu Warna Menarik dan Bercahaya

Bulu ayam bangkok super terlihat mengkilap, bercahaya, dan berwarna menarik. Warna bulu yang populer antara lain merah, putih, hitam, kuning, biru kehijauan hingga campuran.

Bulu yang indah melambangkan ayam sehat dan terawat dengan baik. Selain itu, beberapa warna bulu dipercaya memiliki kekuatan magis yang membuat ayam lebih bersemangat bertarung.

9. Ekor Panjang dan Kokoh

Ekor ayam bangkok panjang dan terlihat kokoh. Ekor digunakan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat bertarung. Selain itu, ayam juga kerap menggunakan ekor untuk memukul lawan.

Ekor yang panjang dan kuat memudahkan ayam bermanuver serta melancarkan serangan dari berbagai arah.

10. Tingkah Laku Agresif dan Lincah

Ciri terakhir ayam bangkok super adalah sifatnya yang agresif dan lincah bergerak. Ayam jenis ini senang berjalan tegak, mematuki apapun di sekitarnya, dan melompat-lompat lincah.

Sifat agresif ini diperlukan agar ayam memiliki mental juara dan tidak mudah takut saat bertarung melawan lawan.

Nah, itulah 10 ciri utama yang menunjukkan seekor ayam bangkok berkualitas super. Semakin banyak ciri di atas yang dimiliki oleh seekor ayam, maka semakin tinggi nilai dan harga jualnya.

ayam bangkok super

Panduan Lengkap Merawat Ayam Bangkok Super dari Kecil hingga Dewasa

Agar bisa tumbuh optimal dan menunjukkan kualitas terbaiknya, ayam bangkok super membutuhkan perawatan khusus sejak masih kecil hingga dewasa. Berikut panduan lengkap merawat ayam bangkok super di setiap fase pertumbuhannya:

1. Merawat Anakan Ayam Bangkok Umur 0-8 Minggu

Masa pertumbuhan 8 minggu pertama sangat menentukan kualitas ayam bangkok di masa dewasa. Ada beberapa hal penting dalam merawat anakan ayam bangkok:

  • Jaga suhu kandang 30-35 derajat C agar anak ayam tidak kedinginan. Beri lampu penghangat jika perlu.
  • Biarkan induk mengerami anakan hingga umur 1 minggu untuk memberi kekebalan tubuh.
  • Beri pakan berprotein tinggi seperti pakan ayam pedaging untuk pertumbuhan optimal.
  • Atur pencahayaan kandang agar ayam tumbuh sehat. Beri pencahayaan minimal 12 jam per hari.
  • Bersihkan kandang dan alas kandang secara rutin agar ayam terhindar dari kuman dan penyakit.
  • Beri multivitamin dan vaksinasi sesuai jadwal untuk meningkatkan kekebalan ayam.

2. Merawat Ayam Bangkok Umur 2-6 Bulan

Pada fase ini, pertumbuhan fisik ayam akan sangat cepat. Perawatan yang dibutuhkan antara lain:

  • Cabut bulu-bulu halus yang tumbuh di leher dan punggung ayam secara rutin agar tidak mengganggu pertumbuhan bulu dewasa.
  • Tingkatkan porsi pemberian pakan berprotein dan karbohidrat kompleks seperti jagung untuk pembentukan otot dan tulang.
  • Mulailah melatih ayam secara bertahap dengan berjalan kaki atau berenang untuk pembentukan otot dan stamina.
  • Mandikan ayam 1 minggu sekali dengan air bersih untuk merangsang pertumbuhan bulu baru.
  • Pisahkan ayam jantan dan betina ke kandang terpisah untuk menghindari perkelahian.
BACA:  15 Fakta Menarik Ayam Mutiara dan Tips Memulai Beternaknya Juga!

3. Perawatan Ayam Bangkok Dewasa

Saat memasuki usia dewasa, ayam bangkok membutuhkan perawatan khusus untuk memaksimalkan potensinya sebagai ayam aduan, antara lain:

  • Beri pakan berenergi dan berprotein tinggi seperti ampas tahu, ikan rucah, atau pakan khusus ayam petarung.
  • Lakukan latihan rutin berupa lari, terbang, dan berenang untuk meningkatkan refleks dan ketahanan tubuh.
  • Mandikan ayam setiap hari dengan air mengalir untuk merawat bulu dan kulit.
  • Beri obat-obatan pencegah penyakit seperti cacing, malaria, dan flu.
  • Ikat paruh ayam menggunakan tali khusus untuk melatih otot leher dan paruh.
  • Lakukan proses pengajian dan penyaduran untuk meningkatkan mental bertarung ayam.

Demikian perawatan yang dibutuhkan ayam bangkok super dari masa kecil hingga dewasa. Perawatan yang benar dan konsisten sangat berpengaruh besar terhadap kualitas ayam bangkok.

ayam bangkok super

5 Kiat Sukses Budidaya Ayam Bangkok dengan Kualitas Super

Budidaya ayam bangkok super membutuhkan treatment khusus agar bisa menghasilkan kualitas terbaik. Berikut 5 kiat sukses budidaya ayam bangkok super:

1. Memilih Indukan Berkualitas Prima

Kunci utama budidaya ayam bangkok berkualitas adalah memilih indukan atau bibit awal yang berkualitas prima. Pilih indukan dengan postur dan ciri-ciri terbaik untuk menurunkan gen unggul pada anakan.

Indukan terbaik biasanya berharga mahal, tapi akan menjamin kualitas anakan yang dihasilkan. Jika memungkinkan, impor langsung indukan dari Thailand selaku sumber bibit ayam bangkok asli.

2. Pakan Berkualitas Tinggi

Pakan berperan besar dalam menentukan pertumbuhan dan kualitas ayam bangkok. Gunakan pakan berkualitas superior dengan protein dan nutrisi lengkap.

Hindari pakan murahan yang hanya mengenyangkan perut tapi kurang menunjang pertumbuhan optimal ayam. Sediakan pakan sesuai fase pertumbuhan ayam.

3. Fasilitas dan Perawatan Prima

Bangun kandang dan fasilitas pendukung yang nyaman dan higienis. Desain kandang dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik agar ayam sehat.

Jaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar. Lakukan vaksinasi dan pemberian vitamin secara teratur agar ayam terhindar penyakit.

4. Program Latihan Berkualitas

Susun program latihan berkualitas untuk meningkatkan refleks, kelincahan, stamina, dan mental ayam. Beri latihan secara gradual sesuai umur dan kondisi ayam.

Jenis latihan bisa berupa lari, terbang, berenang, mengelilingi halangan, dll. Pastikan ayam tidak terlalu kelelahan akibat latihan.

5. Pengawasan Ketat Semua Aspek

Jaga semua aspek pemeliharaan ayam bangkok secara ketat. Pantau pertumbuhan ayam, jadwal vaksinasi, kondisi kandang, kualitas pakan, dan program latihan secara rutin.

Cara ini meminimalkan kesalahan perawatan yang berisiko menurunkan kualitas ayam. Dengan pengawasan ketat, kualitas ayam bangkok terjaga hingga optimal.

Demikian ulasan lengkap seputar ayam bangkok super mulai dari sejarah, ciri-ciri, cara merawat, hingga kiat sukses dalam membudidayanya. Semoga informasi ini bisa jadi referensi berharga bagi Anda pecinta ayam bangkok.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *