Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

7 Rekomendasi Platform Baca Manhwa Terbaik, Gratis, dan Legal

Rekomendasi platform terbaik untuk baca manhwa secara gratis dan legal, seperti Webtoon, Tapas, Tappytoon, KakaoPage, Manta Comics, Lezhin, dan Line Webtoon.

Manhwa kini tengah naik daun di Indonesia. Komik digital khas Korea Selatan ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Berbeda dengan manga Jepang atau komik Amerika pada umumnya, manhwa dibuat dengan gaya dan warna yang artistik.

Ceritanya juga unik dan menarik, mulai dari genre romansa, drama, fantasi, hingga aksi. Tak heran bila banyak orang kini ingin membaca manhwa. Namun, tidak semua tahu di mana bisa mengakses manhwa secara legal dan gratis.

Nah, untuk itu kami merekomendasikan 7 situs dan aplikasi terbaik untuk baca manhwa secara legal dan gratis.

1. Webtoon

baca manhwa

Situs dan aplikasi pertama yang layak direkomendasikan adalah Webtoon. Webtoon merupakan platform digital milik Naver Webtoon Corp asal Korea Selatan.

Sejak diluncurkan tahun 2004, Webtoon langsung populer di Korea dan kini sudah memiliki jutaan pengguna dari seluruh dunia. Webtoon menyediakan ribuan judul manhwa dari genre apapun.

Yang membuat Webtoon recommended adalah tampilannya yang artistik dengan gambar berwarna-warni. Setiap judul manhwa juga diupdate secara rutin, biasanya 1 episode per minggu.

Fitur-fitur canggih seperti bookmark, like, dan komentar juga tersedia di sini. Webtoon bisa dinikmati baik lewat situs web maupun aplikasi di smartphone. Kebanyakan konten di Webtoon gratis, meski ada beberapa yang berbayar.

Contoh manhwa populer di Webtoon:

  • True Beauty
  • Lookism
  • Noblesse
  • Tower of God

2. KakaoPage

baca manhwa

Selanjutnya ada KakaoPage yang juga berasal dari Korea Selatan. KakaoPage merupakan layanan konten digital dari Kakao Corp yang meluncurkan aplikasi chatting Kakaotalk.

KakaoPage pertama kali hadir tahun 2010 sebagai platform penerbitan web novel dan komik online. Layanan manhwa KakaoPage baru launching tahun 2013 silam.

Kini KakaoPage menjadi salah satu platform baca manhwa terlengkap di Korea. Ribuan judul manhwa tersedia dalam genre apapun. Beberapa sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

KakaoPage bisa diakses baik melalui situs maupun aplikasi di Android dan iOS. Semua konten di KakaoPage 100% gratis dan legal. Update episode baru dilakukan secara berkala.

BACA:  √√ Kue Ukuran 18 Sebesar Apa? Ini Penjelasan dan Panduan Lengkapnya

Contoh manhwa populer di KakaoPage:

  • Itaewon Class
  • Noblesse
  • The Girl from Random Chatting
  • Tower of God

3. Tapas

baca manhwa

Kemudian ada Tapas yang berasal dari Amerika Serikat. Tapas awalnya dibuat sebagai platform publikasi buku komik dan novel digital oleh kreator independen dari seluruh dunia.

Karena itu, konten Tapas didominasi oleh karya orisinal para kreator dari USA dan Eropa. Namun kini Tapas juga menghadirkan manga, manhwa, manhua, dan komik lain dari Asia.

Hingga kini, Tapas menjadi rumah bagi puluhan ribu kreator yang telah menerbitkan ratusan ribu judul komik dan novel. Semuanya tersedia secara gratis di situs web dan aplikasi Tapas.

Meski fokus ke karya orisinal, Tapas tetap menjadi alternatif platform baca manhwa dan komik Asia lainnya. Genre romansa dan fantasi mendominasi di Tapas.

Contoh manhwa di Tapas:

  • True Beauty
  • My Deepest Secret
  • The Remarried Empress

4. TappyToon

Selanjutnya ada TappyToon yang merupakan platform baca komik buatan TappyToons Inc asal Korea Selatan. TappyToon awalnya fokus pada komik lokal Korea.

Namun kini TappyToon juga menghadirkan ribuan judul manhwa, manga, manhua, dan komik Barat. Semuanya tersedia dalam bahasa Inggris maupun terjemahan bahasa lokal termasuk bahasa Indonesia.

Keunggulan TappyToon adalah tampilan komiknya yang artistik dengan gambar berwarna high quality. Fitur membaca juga sangat user friendly dengan scrolling vertical unlimited.

Meski sebagian besar konten di TappyToon gratis, beberapa komik masih memerlukan pembelian koin atau berlangganan TappyToon VIP untuk membaca secara full.

Contoh manhwa di TappyToon:

  • The Beginning After the End
  • A Returner’s Magic Should Be Special
  • Jungle Juice

5. Lezhin Comics

Lezhin Comics merupakan platform baca komik online khas Korea Selatan yang difokuskan untuk pengguna dewasa. Lezhin Comics dibuat tahun 2013 oleh Lezhin Entertainment.

Konten utama Lezhin tentu saja manhwa Korea, meski manga dan komik Barat juga tersedia. Lezhin menghadirkan ribuan judul komik dengan beragam genre dewasa seperti romansa, drama, fantasi, thriller, hingga horor.

Lezhin Comics bisa dinikmati melalui situs resmi maupun aplikasi di Android dan iOS. Sayangnya, kebanyakan manhwa di Lezhin berbayar per episode. Namun kamu bisa membelinya dengan harga terjangkau.

BACA:  15 Fakta Menarik Ayam Mutiara dan Tips Memulai Beternaknya Juga!

Contoh manhwa di Lezhin:

  • Passion
  • My Kingdom
  • Bastard

6. Manta Comics

Rekomendasi berikutnya adalah Manta Comics yang dibuat oleh Ridibooks asal Korea Selatan. Manta Comics resmi launching tahun 2017 lalu.

Seperti platform sejenis, Manta Comics menghadirkan ribuan manhwa dari berbagai genre. Kamu bisa menikmati manhwa-manhwa Korea terbaru di Manta secara gratis setiap harinya.

Manta Comics tersedia dalam bahasa Inggris dan Korea, belum ada terjemahan resmi dalam bahasa Indonesia. Meski begitu, tampilan artistik dan fitur canggih Manta Comics layak mendapatkan rekomendasi.

Platform ini bisa diakses melalui situs maupun aplikasi di Android dan iOS secara gratis. Hanya beberapa judul saja yang berbayar.

Contoh manhwa di Manta Comics:

  • Space Boy
  • Everything is Fine
  • The Girl Downstairs

7. Line Webtoon

Terakhir ada Line Webtoon yang merupakan layanan platform komik digital dari LINE, perusahaan messaging dan internet asal Jepang.

Line Webtoon resmi diluncurkan pada tahun 2014. Kini platform ini menjadi salah satu layanan baca komik digital terbesar di dunia dengan puluhan juta pengguna aktif per bulan.

Ribuan manhwa dan manga tersedia di Line Webtoon dalam berbagai genre dan bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Kamu bisa menikmatinya secara gratis di situs dan aplikasi Line Webtoon.

Contoh manhwa di Line Webtoon:

  • True Beauty
  • Lookism
  • Unholy Blood

Itu dia rekomendasi 7 platform terbaik untuk baca manhwa secara gratis dan legal. Semuanya menyediakan ribuan judul manhwa terpopuler dalam berbagai genre yang menarik.

Tinggal pilih saja platform mana yang antarmuka dan fiturnya paling nyaman buat kamu. Dengan berlangganan di platform-platform tersebut, kamu bisa menikmati episode manhwa favoritmu setiap minggu atau bulan secara gratis.

Selamat menikmati petualangan seru di dunia manhwa!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *