Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Bunga Tahi Ayam (Bunga Marigold) dan Manfaatnya yang Menakjubkan

Bunga tahi ayam memiliki aroma khas menyengat, namun di balik itu tersimpan beragam manfaat untuk kesehatan seperti antibakteri, antioksidan, melindungi hati

Bunga tahi ayam, atau yang dikenal juga dengan nama bunga marigold, memiliki aroma khas yang kurang sedap. Namun di balik itu, bunga ini ternyata memiliki banyak manfaat yang menakjubkan.

Bunga tahi ayam berasal dari benua Amerika, kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia karena keindahan dan manfaatnya. Di Indonesia sendiri, bunga ini memiliki banyak nama daerah seperti bunga tahi totok, tahu kotok, tahi ancok, dan masih banyak lagi.

Tanaman ini sempat menjadi primadona karena kecantikan bunganya, meski baunya kurang sedap. Namun ternyata di balik itu semua, bunga yang kerap disepelekan ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh kita.

Selayang Pandang Tentang Bunga Tahi Ayam

bunga tahi ayam

Deskripsi Tanaman

Secara ilmiah, bunga tahi ayam atau marigold memiliki nama latin Tagetes erecta. Bunga ini termasuk ke dalam suku Asteraceae atau yang dikenal juga dengan nama suku Compositae.

Ciri khas dari tanaman ini adalah batangnya yang tegak dan kokoh. Tingginya bisa mencapai 90 cm dengan cabang yang banyak. Daunnya berbentuk lanset dengan tepi bergerigi.

Bunganya berukuran 5-7 cm dengan kelopak bunga berjumlah puluhan helai. Warna bunga marigold ada yang kuning, jingga, atau gabungan keduanya. Bunga ini juga memiliki aroma khas yang menyengat, seperti bau telur busuk. Itulah sebabnya mendapat julukan bunga tahi ayam.

Asal Muasal dan Penyebaran

Bunga marigold berasal dari benua Amerika, tepatnya di wilayah Meksiko bagian selatan hingga Guatemala. Tanaman ini kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia karena daya tariknya sebagai tanaman hias.

Di Indonesia, bunga ini mulai dibudidayakan pada abad ke-17 oleh bangsa Portugis. Kini, hampir seluruh wilayah di Indonesia sudah memiliki tanaman bunga marigold ini.

BACA:  √√ Kue Ukuran 18 Sebesar Apa? Ini Penjelasan dan Panduan Lengkapnya

Nama bunga tahi ayam muncul karena aromanya yang kurang sedap, menyerupai bau telur busuk. Meski begitu, kecantikan warna bunganya tetap menjadi daya tarik sendiri.

Manfaat Bunga Tahi Ayam bagi Kesehatan

bunga tahi ayam

1. Sebagai Antibakteri

Berdasarkan penelitian, ekstrak bunga tahi ayam terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri Klebsiella pneumoniae. Bakteri ini biasanya hidup di saluran pencernaan dan tidak berbahaya.

Namun bila bakteri ini menyebar ke organ tubuh lain seperti paru-paru dan otak, maka bisa menimbulkan infeksi serius. Oleh karena itu, khasiat bunga tahi ayam sebagai antibakteri ini bermanfaat untuk mencegah penyebaran Klebsiella pneumoniae.

2. Sumber Antioksidan

Senyawa lutein, flavonoid, dan senyawa fenolik lain dalam bunga tahi ayam berperan sebagai antioksidan. Zat-zat ini berguna untuk menangkal radikal bebas berlebih di dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel.

Antioksidan juga bermanfaat mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, hingga penyakit jantung. Khasiat ini didapatkan dari mengonsumsi bunga tahi ayam secara rutin.

3. Melindungi Kulit dari Nyamuk

Penggunaan ekstrak bunga tahi ayam dalam sediaan losion terbukti efektif mengusir nyamuk Aedes aegypti penyebar demam berdarah. Losion dengan kandungan ekstrak bunga tahi ayam 10% mampu memberikan perlindungan hingga 90% dari gigitan nyamuk.

4. Menyembuhkan Luka

Bunga tahi ayam mengandung senyawa flavonoid yang berperan dalam proses penyembuhan luka, baik luka sayat maupun luka bakar ringan. Pemberian ekstrak bunga ini secara topikal dapat mempercepat penutupan luka.

5. Melindungi Hati

Senyawa aktif dalam bunga tahi ayam terbukti mampu menurunkan kadar enzim dan bilirubin yang meningkat saat terjadi kerusakan hati. Dengan begitu, bunga ini berkhasiat sebagai pelindung fungsi hati.

6. Sebagai Pewarna Alami

Zat L-karoten dalam bunga tahi ayam yang memberi warna kuning-jingga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan maupun kosmetik. Tentu saja pemanfaatannya perlu pengolahan khusus agar aman dan higienis.

bunga tahi ayam

Cara Mengonsumsi Bunga Tahi Ayam

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat bunga tahi ayam, di antaranya:

Teh Bunga Tahi Ayam

  • Seduh 2-3 kelopak bunga tahi ayam kering dengan air panas secukupnya
  • Diamkan selama 5 menit hingga air berubah kekuningan
  • Saring lalu tambahkan madu sesuai selera
  • Minum teh 1-2 kali sehari
BACA:  Mengenal Ayam Bangkok Super - Sejarah, Ciri-Ciri, Cara Merawat hingga Kiat Sukses Budidayanya

Obat Kumur Bunga Tahi Ayam

  • Rendam 2-3 kelopak bunga tahi ayam dalam 1 gelas air
  • Biarkan selama beberapa jam hingga larut
  • Gunakan air rendaman sebagai obat kumur 2 kali sehari

Minyak Bunga Tahi Ayam

  • Rendam kelopak bunga tahi ayam kering dalam minyak zaitun
  • Diamkan selama 2-3 hari hingga minyak berwarna kuning
  • Gunakan minyak rendaman untuk pijat atau oleskan di kulit

Bunga tahi ayam, meskipun aromanya kurang sedap, ternyata menyimpan banyak manfaat untuk tubuh kita. Zat aktif di dalamnya berkhasiat sebagai antibakteri, antioksidan, melindungi liver, hingga mempercepat penyembuhan luka.

Bunga cantik ini bisa dikonsumsi dalam bentuk teh, obat kumur, minyak urut, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan ragukan lagi khasiat bunga yang satu ini!

Demikian artikel lengkap tentang bunga tahi ayam. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menginspirasi kita untuk lebih menghargai keanekaragaman hayati Indonesia yang begitu luar biasa.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *