Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Cara Mengatasi Jerawat Mendem yang Parah dan Agar Tidak Kembali Lagi

Cara mengatasi jerawat mendem yang sulit diobati ini membutuhkan perawatan khusus dan konsisten, mulai dari hindari memencet jerawat, gunakan produk perawatan

Jerawat mendem atau jerawat nodul adalah jenis jerawat yang sangat mengganggu. Jerawat ini muncul dalam bentuk benjolan keras yang tumbuh di lapisan dalam kulit. Tidak seperti jerawat biasa yang tumbuh di permukaan, jerawat mendem sulit terlihat namun tetap terasa sakit dan tidak nyaman.

Jerawat mendem memang tidak mudah diobati. Perawatan jerawat jenis ini memerlukan kesabaran dan tindakan yang tepat agar bisa sembuh total dan tidak kambuh lagi.

Nah, kalau kamu sedang berjuang menghadapi jerawat mendem yang sangat parah, artikel ini akan membantu. Di sini akan dibahas secara lengkap mulai dari penyebab hingga cara ampuh menyembuhkan jerawat mendem sampai tuntas.

Penyebab Jerawat Mendem yang Perlu Diketahui

Sebelum membahas cara mengatasinya, penting untuk paham dulu apa yang menjadi penyebab munculnya jerawat mendem ini. Ada beberapa faktor utama penyebab timbulnya jerawat jenis nodul, di antaranya:

1. Produksi minyak berlebih

Kulit berminyak rentan mengalami jerawat karena pori-porinya mudah tersumbat oleh minyak dan kotoran. Produksi sebum yang berlebihan oleh kelenjar minyak akan menyumbat folikel rambut sehingga memicu pembentukan jerawat mendem.

BACA:  9 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat yang Tepat dan Aman

2. Masalah inflamasi

Peradangan pada folikel rambut bisa memicu timbulnya jerawat mendem. Bakteri Propionibacterium acnes yang menginfeksi folikel rambut ikut berperan dalam proses inflamasi ini.

3. Ketidakseimbangan hormon

Hormon androgen berlebih dan hormon estrogen yang kurang bisa memicu jerawat. Ini terutama terjadi pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menjelang menopause.

4. Stres

Stres yang berkepanjangan bisa memicu peningkatan hormon kortisol. Hormon ini bisa merangsang kelenjar minyak jadi lebih aktif sehingga kulit mudah berminyak dan berjerawat, termasuk jerawat mendem.

5. Pola makan tidak sehat dan kurang tidur

Pola makan yang buruk dengan banyak mengkonsumsi makanan berminyak, manis, asin, dan berpengawet bisa memicu jerawat. Apalagi jika ditambah dengan kurang tidur yang juga bisa membuat kulit mudah berjerawat.

6. Kosmetik atau obat-obatan

Penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok bisa memicu iritasi dan jerawat. Begitu juga dengan konsumsi obat-obatan tertentu yang bisa berdampak pada kulit dan memicu jerawat sebagai efek samping.

Nah, itu dia berbagai faktor pemicu jerawat mendem berdasarkan penelitian. Sekarang, mari bahas cara mengatasinya.

mengatasi jerawat mendem

Cara Mengatasi Jerawat Mendem Secara Tuntas

Jerawat mendem memang tidak semudah jerawat biasa untuk diobati. Butuh perawatan khusus dan ekstra sabar untuk bisa menyingkirkannya.

Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat mendem secara tuntas berdasarkan tingkat keparahannya:

1. Hindari memencet atau menyentuh jerawat

Jangan sekali-kali mencoba memencet atau menyentuh jerawat mendem meski terasa gatal. Hal ini justru bisa memperparah infeksi dan menimbulkan bekas luka.

2. Bersihkan wajah 2 kali sehari

Rutin membersihkan wajah pagi dan malam dengan pembersih lembut tanpa alkohol atau bahan iritan. Ini bisa mengurangi minyak dan kotoran penyumbat pori.

3. Gunakan produk perawatan berbahan ringan

Pilih produk skincare yang tidak menyumbat pori seperti yang berlabel non-comedogenic atau oil free. Hindari juga makeup yang terlalu berat dan bisa memicu jerawat.

4. Kompres es untuk meredakan bengkak

Tempelkan kompres es selama 5-10 menit untuk meredakan pembengkakan dan rasa nyeri akibat jerawat mendem yang meradang.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Tuntas

5. Perawatan topikal resep dokter

Mintalah resep dokter kulit untuk perawatan topikal seperti retinoid, asam salisilat, atau benzoyl peroxide. Bahan-bahan ini efektif mengurangi peradangan dan membuka pori-pori.

6. Minum obat antibiotik (jika disarankan dokter)

Konsultasikan dengan dokter tentang konsumsi antibiotik oral untuk membunuh bakteri penyebab jerawat bila jerawat sudah parah.

7. Terapi laser fractional

Lakukan laser fractional untuk menghancurkan jerawat mendem dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Namun pastikan terapi laser ini dilakukan di klinik kecantikan berizin.

8. Chemical peel

Chemical peel mampu mengangkat sel kulit mati penyumbat pori hingga lapisan dalam kulit sehingga jerawat mendem bisa disingkirkan.

9. Terapi isotretinoin

Untuk jerawat nodul yang sudah sangat parah dan tidak responsif, isotretinoin bisa diresepkan dokter. Obat ini mengandung vitamin A yang mampu mengeringkan jerawat dari dalam.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengobati Jerawat Mendem

Nah, beberapa hal berikut perlu diperhatikan saat mengobati jerawat mendem agar bisa sembuh total:

  • Jangan mencoba mengatasinya sendiri tanpa petunjuk dokter karena bisa memperparah kondisi jerawat
  • Jagalah kesabaran karena jerawat mendem membutuhkan waktu untuk bisa sembuh total
  • Patuhi rekomendasi dan aturan pakai dari semua obat maupun perawatan yang diberikan dokter
  • Jaga pola makan, istirahat, dan hindari stres yang bisa memicu jerawat kambuh
  • Lakukan perawatan secara rutin dan konsisten hingga jerawat benar-benar sembuh
  • Beri waktu bagi kulit untuk pulih setelah menjalani perawatan medis seperti laser atau chemical peel
  • Gunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari sengatan sinar UV
  • Konsultasikan dengan dokter jika jerawat mendem tidak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah

Dengan melakukan perawatan yang tepat secara rutin dan konsisten, jerawat mendem bisa disembuhkan secara tuntas meski memerlukan waktu. Yang penting adalah jangan putus asa dan tetap jaga kesehatan tubuh.

Tips Agar Jerawat Mendem Tidak Kambuh Lagi

Setelah berhasil menyingkirkan jerawat mendem, tentu kamu tidak mau jerawat ini muncul lagi kan? Nah berikut ini tips ampuh agar jerawat mendem tidak timbul lagi setelah sembuh:

BACA:  Jerawat Pasir, Benjolan Kecil yang Banyak Tapi Tidak Meradang

1. Perbanyak makan buah dan sayur

Makanan bergizi seimbang yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan bisa mencegah jerawat kambuh. Perbanyak makan buah dan sayur setiap hari.

2. Batasi konsumsi makanan berminyak dan manis

Hindari atau batasi mengkonsumsi makanan yang terlalu berlemak, manis, atau berpengawet karena bisa memicu jerawat lagi.

3. Rutin berolahraga

Olahraga secara teratur bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah jerawat kambuh. Lakukan setidaknya 3-5 kali seminggu.

4. Istirahat cukup dan kurangi stres

Kurang tidur dan stres berlebihan bisa memicu kambuhnya jerawat. Tidur selama 7-8 jam dan lakukan relaksasi untuk mengurangi stres.

5. Jaga kebersihan wajah

Membersihkan wajah pagi dan malam secara rutin sangat penting untuk mencegah jerawat timbul lagi. Gunakan pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulitmu.

6. Pilih produk perawatan berbahan ringan

Hindari produk perawatan yang menyumbat pori dan memicu jerawat seperti yang mengandung minyak atau alkohol tinggi.

7. Lakukan peeling seminggu sekali

Lakukan peeling wajah seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati. Ini bisa mencegah pori-pori tersumbat dan jerawat kambuh.

8. Rutin periksa ke dokter kulit

Konsultasikan kondisi kulit wajahmu secara berkala ke dokter spesialis kulit untuk memantau perkembangan dan mencegah jerawat kembali lagi.

Itulah beberapa tips agar jerawat mendem tidak timbul kembali setelah berhasil disembuhkan. Dengan pola hidup sehat dan perawatan rutin, jerawat mendem bisa dijauhkan selamanya.

Kesimpulan

Jerawat mendem memang jenis jerawat yang paling merepotkan dan sulit diobati. Dibutuhkan treatment khusus dan ekstra sabar untuk bisa menyingkirkannya secara total.

Yang terpenting, jangan mencoba mengatasinya sendiri dan segera konsultasikan dengan dokter kulit. Ikuti rekomendasi dokter dan lakukan perawatan secara rutin hingga jerawat mendem benar-benar sirna.

Setelah sembuh, jaga terus kesehatan kulit dan tubuh agar jerawat nodul tidak timbul lagi. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu merawat jerawat mendem dan mencegahnya kambuh lagi. Tetap jaga kulit sehat!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *