Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

14 Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Berjerawat dan Cara Memilihnya

Rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat berbagai merek yang mengandung anti bakteri, BHA/AHA, dan bahan alami untuk membantu mengatasi masalah jerawat.

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dialami banyak orang, terutama kalangan remaja dan dewasa muda. Kulit berjerawat tidak hanya menganggu penampilan, tapi juga bisa menurunkan rasa percaya diri.

Memiliki kulit bersih tanpa jerawat tentu menjadi impian banyak orang. Salah satu cara menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat adalah dengan rutin membersihkan wajah menggunakan facial wash atau sabun cuci muka yang tepat.

Mengenal Lebih Dekat Kulit Berjerawat

Sebelum masuk ke rekomendasi facial wash, ada baiknya kita pahami dulu apa itu jerawat dan penyebab kulit berjerawat.

Jerawat adalah peradangan kronis folikel pilosebasea atau kelenjar minyak di kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini merubah sebum atau minyak alami kulit menjadi asam lemak bebas yang memicu peradangan pada folikel rambut.

Jerawat dapat muncul dalam berbagai bentuk seperti komedo atau bentuk bintil putih, papul atau bintil merah padat, pustul atau bintil berisi nanah, dan nodul atau bintil dalam yang menyebabkan parut.

Beberapa faktor pemicu kulit berjerawat antara lain:

  • Hormon androgen berlebih yang merangsang kelenjar minyak dan meningkatkan produksi sebum
  • Genetik
  • Stress
  • Polusi
  • Menstruasi
  • Obat-obatan tertentu
  • Kosmetik yang menyumbat pori
  • Makanan tertentu yang memicu alergi

Kulit berjerawat perlu perawatan khusus agar kondisinya tidak bertambah parah. Salah satu hal mendasar adalah membersihkan wajah secara teratur menggunakan facial wash atau sabun cuci muka yang sesuai.

Pentingnya Memilih Facial Wash yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

Membersihkan wajah merupakan langkah paling dasar dalam perawatan kulit apa pun jenis kulitnya. Namun, kulit berjerawat memerlukan perhatian khusus dalam memilih facial wash agar kondisi kulit tidak semakin parah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih facial wash untuk kulit berjerawat:

BACA:  8 Rekomendasi Moisturizer Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Hindari yang mengandung bahan iritasi

Kulit berjerawat cenderung sensitif, sehingga perlu menghindari facial wash yang mengandung bahan iritasi seperti parfum atau pewangi, alkohol, asam sitrat, dan lainnya. Pilih yang mengandung bahan alami yang lembut di kulit.

2. Pilih yang mengandung anti bakteri

Kandungan anti bakteri seperti sulfur, tea tree oil, dan ekstrak mint dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus menenangkan kulit.

3. Hindari busa berlebih

Busa yang berlebih dalam sebuah facial wash mengindikasikan kandungan surfaktan tinggi yang justru dapat menganggu keseimbangan kulit dan memicu iritasi. Pilih facial wash berbahan dasar gel atau cream yang tidak menimbulkan busa berlebih.

4. Mengandung bahan pengelupas sel kulit mati

BHA (Beta Hydroxy Acid) atau AHA (Alpha Hydroxy Acid) dapat membantu mengelupas sel kulit mati penyebab pori-pori tersumbat hingga timbul jerawat baru. Usahakan kadarnya tidak terlalu tinggi agar tidak merusak lapisan kulit.

5. Mengandung anti inflamasi

Kandungan seperti tea tree oil, salicylic acid, dan benzoyl peroxide dapat membantu menekan peradangan pada kulit berjerawat sekaligus membunuh bakteri penyebabnya.

Dengan memperhatikan kriteria di atas, berikut adalah 18 rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dari berbagai merek:

14 Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Berjerawat

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

facial wash untuk kulit berjerawat

Cetaphil merupakan salah satu merek skincare yang dikenal aman dan lembut untuk kulit sensitif. Cetaphil Gentle Skin Cleanser dapat digunakan sebagai pembersih wajah sekaligus penghapus riasan karena tidak mengandung bahan iritasi.

Kandungan utamanya adalah cetyl alcohol dan propylene glycol yang membersihkan kulit secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Cocok untuk kulit normal hingga berjerawat.

Harga: Rp75.000 (177ml)

2. Himalaya Purifying Neem Face Wash

facial wash untuk kulit berjerawat

Himalaya Purifying Neem Face Wash mengandung ekstrak daun neem yang kaya akan sifat antibakteri. Mampu membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengangkat sel kulit mati.

Kandungan kunyit dan turmeric juga membantu mencerahkan kulit kusam akibat jerawat. Teksturnya berupa gel transparan yang membersihkan kulit tanpa rasa ketat atau kering.

Harga: Rp25.000 (50ml)

3. Garnier Pure Active Acne Wash

facial wash untuk kulit berjerawat

Garnier Pure Active Acne Wash mengandung salicylic acid dan ekstrak blueberry yang kaya antioksidan. Mampu membersihkan kulit dari pori-pori tersumbat hingga mengurangi jerawat.

Diperkaya exfoliating beads yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Cocok untuk kulit berminyak yang rentan berjerawat.

Harga: Rp28.500 (100ml)

4. Biore Skin Caring Facial Foam

facial wash untuk kulit berjerawat

Biore Skin Caring Facial Foam merupakan pembersih wajah dengan Skin Purifying Technology dari Jepang yang diformulasi tanpa sabun. Teksturnya lembut berbusa untuk membersihkan kulit wajah hingga lapisan dalam pori-pori.

Mengangkat bersih kotoran, keringat dan minyak berlebih tanpa mengganggu kelembapan alami kulit. Dengan busa creamy yang lembut dan dilengkapi dengan Natural Scrub, bantu cerahkan kulit kusam akibat minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati. Kulit lembut, halus bercahaya, bebas kilap.

BACA:  9 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat yang Tepat dan Aman

Harga: Rp28.000 (100gr)

5. Pond’s Acne Solution Cleansing Foam

facial wash untuk kulit berjerawat

Pond’s Acne Solution Cleansing Foam adalah salah satu rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat yang mengandung Thymo-T Essence dan salicylic acid untuk membantu mengangkat kotoran yang menyumbat pori dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, Pond’s Acne Solution Cleansing Foam juga diperkaya dengan kandungan salicylic acid yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran serta mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat lebih lanjut. Kandungan menthol dan witch hazel juga membantu untuk menyejukkan dan menyegarkan kulit wajah.

Dengan tekstur berbusa halusnya, facial wash ini sangat cocok digunakan pada kulit berminyak dan rentan berjerawat. Produk ini layak dicoba untuk membantu mengatasi permasalahan kulit berjerawat.

Harga: Rp35.000 (100gr)

6. La Roche-Posay Effaclar Foaming Gel Cleanser

facial wash untuk kulit berjerawat

La Roche-Posay Effaclar Foaming Gel Cleanser diformulasikan tanpa sabun sehingga tidak menimbulkan rasa ketat atau kering pada kulit wajah. Teksturnya berupa gel lembut yang membersihkan kotoran tanpa mengganggu keseimbangan kulit.

Mengandung zinc pidolate dan thermal spring water yang mampu menenangkan kulit berjerawat. Diperkaya dengan niacinamide dan glycolic acid sebagai exfoliant alami. Sangat aman dan lembut untuk kulit sensitif.

Harga: Rp250.000 (200ml)

7. Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser

facial wash untuk kulit berjerawat

Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser memiliki pH 5,5 mendekati pH alami kulit sehingga tidak mengusik keseimbangan kulit wajah. Teksturnya berupa gel bening yang membersihkan dengan lembut.

Mengandung BHA dari ekstrak willow bark yang berfungsi sebagai exfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati. Diperkaya dengan bee propolis extract untuk menenangkan kulit. Sangat cocok untuk kulit sensitif.

Harga: Rp135.000 (150ml)

8. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

facial wash untuk kulit berjerawat

Kandungan utama pada Tea Tree Skin Clearing Facial Wash dari The Body Shop adalah tea tree oil yang telah terbukti ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit berjerawat.

Diperkaya dengan tamanu oil yang melembapkan kulit dan mencegah parut bekas jerawat. Sangat recommended untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Harga: Rp159.200 (250ml)

9. Acnes Creamy Wash

facial wash untuk kulit berjerawat

Acnes Creamy Wash berfungsi sebagai pembersih wajah yang dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dan menghilangkan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Acnes Creamy Wash 500gr dapat juga digunakan sebagai pembersih make up sehari – hari dan mengandung anti bakteri isopropylmethylphenol yang melawan bakteri penyebab jerawat.

Bukan hanya itu, kelebihan dari face wash ini yakni kaya akan nutrisi vitamin C dan E untuk merawat kelembutan kulit. Kulit tetap sehat, terasa lembut dan berseri. 

BACA:  Cara Mengatasi Jerawat Mendem yang Parah dan Agar Tidak Kembali Lagi

Harga: Rp25.000 (100gr)

10. Clean & Clear Acne Clearing Cleanser

facial wash untuk kulit berjerawat

Sabun cuci muka atau pembersih wajah ini dengan formula Active Botanical Extract dan Salicylic Acid untuk membersihkan kulit yang berjerawat.

Clean & Clear Acne Clearing Cleanser memiliki formula unik, di mana kombinasi Active Botanical Extract serta bahan aktif Salicylic Acid-nya dapat bekerja hingga ke dalam pori, untuk bantu melawan bakteri penyebab jerawat dan minyak berlebih, agar kulitmu senantiasa jauh dari jerawat serta terasa lebih bersih, halus dan lembut.

Direkomendasikan untuk kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat.

Harga: Rp26.000 (100gr)

11. Emina Ms Pimple Acne Solution Face Wash

facial wash untuk kulit berjerawat

Emina Ms Pimple Acne Solution Face Wash adalah sabun pembersih wajah ringan yang diformulasikan untuk kulit berjerawat maupun kulit terasa kering. Mengandung Salicylic Acid dan Allantoin yang membantu mempercepat regenerasi kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dengan tetap menjaga kelembaban kulit.

Tekstur gelnya membuat nyaman dan lembut saat digunakan. Kandungan formulanya membantu merawat kulit agar terhindar dari penyebab jerawat. Mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Membuat kulit merasa bersih dan segar tanpa terasa kering

Harga: Rp18.000 (50ml)

12. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Foam Cleanser

facial wash untuk kulit berjerawat

Some By Mi 30 Days Miracle Foam Cleanser mengandung AHA, BHA, dan PHA yang berfungsi sebagai chemical exfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati penyebab pori-pori tersumbat. Diperkaya dengan ekstrak teh hijau dan madecassoside yang menenangkan iritasi.

Sangat direkomendasikan untuk mengatasi kulit kusam, mengurangi noda hitam bekas jerawat, serta mencerahkan kulit secara bertahap. Aman untuk semua jenis kulit.

Harga: Rp106.000 (100ml)

13. Innisfree Bija Trouble Facial Foam

facial wash untuk kulit berjerawat

Innisfree Bija Trouble Facial Foam diperkaya dengan bija seed oil yang kaya antioksidan. Mampu membersihkan debu dan kotoran sekaligus menjaga kadar air pada kulit sensitif yang mudah teriritasi.

Mengandung Jeju volcanic cluster dan willow bark extract sebagai exfoliant alami untuk mengangkat sel kulit mati. Diperkaya dengan peppermint dan portulaca extract yang menyejukkan kulit.

Sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak hingga kombinasi yang rentan berjerawat. Aman untuk kulit sensitif.

Harga: Rp122.000 (150gr)

14. Senka Perfect Whip Acne Clear Face Wash

facial wash untuk kulit berjerawat

Senka Perfect Whip Acne Clear Face Wash diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Mengandung ekstrak chamomile, vitamin C turunan, dan komponen moisture up yang menjaga kelembapan kulit.

Busa halusnya mampu membersihkan kotoran dan menghilangkan kelebihan minyak tanpa rasa ketat atau kering. Sangat direkomendasikan untuk kulit kombinasi hingga berminyak.

Harga: Rp49.000 (50gr)

Tips Memilih Facial Wash untuk Kulit Berjerawat

Nah, itu dia 18 rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dari berbagai merek yang bisa kamu jadikan referensi.

Agar mendapatkan facial wash yang benar-benar sesuai dengan kondisi kulit berjerawatmu, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih:

  • Pilih facial wash yang mengandung bahan anti bakteri alami seperti teh tree oil, sulfur, atau ekstrak mint untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Hindari facial wash yang mengandung bahan iritasi seperti alkohol, asam sitrat, dan parfum/pewangi.
  • Pilih yang bertekstur gel/cream tanpa busa berlebih agar tidak mengiritasi atau mengeringkan kulit.
  • Perhatikan kadar pHnya, usahakan pH seimbang mendekati pH kulit yaitu 5,5.
  • Pilih yang mengandung bahan pencerah alami seperti vitamin C, niacinamide, atau licorice extract untuk mencerahkan kulit kusam bekas jerawat.
  • Usahakan mengandung bahan pelembap seperti gliserin, hyaluronic acid, atau panthenol agar kulit tidak kering setelah dicuci.
  • Bisa dipertimbangkan yang mengandung BHA/AHA dalam kadar rendah sebagai exfoliator alami sel kulit mati.

Dengan memilih facial wash yang tepat dan merawat kulit secara rutin, diharapkan masalah jerawatmu bisa segera teratasi. Semoga informasi ini bisa jadi referensi berharga!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *