Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Ambeien Luar: Gejala, Penyebab dan Opsi Pengobatannya

Ambeien luar adalah benjolan pembuluh darah di anus yang menimbulkan rasa nyeri dan gatal. Disebabkan oleh mengejan saat BAB, kehamilan, atau angkat beban berat

Ambeien luar merupakan kondisi pembengkakan pembuluh darah disekitar anus yang menyebabkan timbulnya benjolan di luar anus. Kondisi ini seringkali menimbulkan rasa gatal, nyeri, dan perdarahan saat buang air besar.

Menurut data, sekitar 50% penduduk di dunia pernah mengalami ambeien pada suatu waktu dalam hidup mereka. Angka kejadian ambeien luar dan dalam hampir sama, masing-masing sekitar 40-45% dari seluruh kasus ambeien.

Nah, penasaran kan tentang penyakit ambeien luar ini? Yuk, simak artikel lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Ambeien Luar?

Sebelum membahas lebih lanjut, penting buat kamu memahami dulu apa itu ambeien luar.

Ambeien luar merupakan jenis ambeien di mana pembengkakan pembuluh darah terjadi di luar lubang anus. Kondisi ini menyebabkan terbentuknya benjolan kemerahan di sekitar permukaan anus.

Menurut dr. Michael Valente, seorang ahli bedah kolorektal dari Cleveland Clinic, ambeien luar adalah benjolan atau gumpalan berisi pembuluh darah yang meradang di bawah permukaan kulit anus.

Pembuluh darah di anus bisa tiba-tiba meregang dan teriritasi hingga akhirnya membengkak menyerupai benjolan. Jenis ambeien ini akan mudah terlihat dari luar dengan mata telanjang.

gambar ambeien luar
Gambar ambeien luar

Gejala yang Menandakan Ambeien Luar

Lantas, bagaimana kita bisa mengenali ambeien luar? Ada beberapa gejala khas yang bisa jadi pertanda ambeien luar, di antaranya:

1. Muncul benjolan di dekat anus

Ciri khas ambeien luar adalah munculnya benjolan atau gumpalan berwarna kebiruan di dekat anus. Ini disebabkan adanya penumpukan darah pada pembuluh yang ada di sekitar anus.

Akibatnya, penumpukan darah tersebut membuat lapisan kulit di sekitar anus jadi membengkak dan timbul benjolan.

BACA:  Mengatasi Pilek Terus Menerus dengan Cara yang Tepat

2. Terasa gatal dan nyeri

Benjolan pada ambeien luar bisa juga menimbulkan rasa gatal di area sekitar anus. Seringkali, benjolan itu juga terasa sangat nyeri, terutama saat buang air besar atau duduk terlalu lama.

3. Munculnya skin tag

Pada beberapa kasus, benjolan ambeien luar bisa berupa jaringan daging atau kulit berlebih yang menggantung dari lubang anus atau yang disebut skin tag.

Skin tag terbentuk lantaran benjolan darahnya sudah mengempis dan mengecil, sedangkan kulit bekas benjolannya tidak bisa ikut mengecil.

4. Buang air besar berdarah

Sebagian penderita ambeien luar juga akan mengalami buang air besar berdarah. Hal ini terjadi lantaran benjolan di anus bergesekan dengan feses yang keras saat buang air besar.

Biasanya darah akan muncul di permukaan luar feses dengan warna merah terang. Perdarahan ini seringkali terjadi saat mengalami sembelit.

ambeien luar

Penyebab Terjadinya Ambeien Luar

Lalu, apa saja sih penyebab ambeien luar ini bisa terjadi? Menurut para ahli, ada beberapa faktor pemicunya, di antaranya:

1. Kebiasaan mengejan saat buang air besar

Salah satu penyebab utama ambeien luar adalah kebiasaan mengejan atau ngeden terlalu keras saat buang air besar. Biasanya kebiasaan ini dilakukan saat mengalami sembelit dengan feses yang sangat keras dan susah dikeluarkan.

Jika terlalu sering ngeden, aliran balik darah di sekitar anus akan tertahan dan menumpuk pada vena hemoroid. Lama-kelamaan, vena ini akan membengkak dan timbulah ambeien.

2. Kehamilan

Saat hamil, rahim yang membesar dan berat janin yang semakin bertambah akan menekan bagian panggul. Tekanan ini juga bisa menghimpit vena cava inferior, yaitu pembuluh darah besar di bagian bawah tubuh.

Akibatnya, aliran balik darah dari pembuluh di bawah rahim termasuk di anus jadi terhambat. Pembuluh darah di sekitar anus pun akhirnya membesar dan muncullah ambeien.

3. Sering mengangkat beban berat

Mengangkat barang yang terlalu berat secara terus menerus juga bisa memicu ambeien luar. Hal ini lantaran aktivitas tersebut dapat meningkatkan tekanan di dalam perut, mirip seperti saat kita sedang mengejan saat buang air besar.

Akibatnya, darah menumpuk di pembuluh hemoroid dan memicu pembentukan ambeien luar.

4. Bertambahnya usia

Semakin tua usia seseorang, pembuluh darah bisa melemah dan melonggar, termasuk yang ada di sekitar anus. Kondisi inilah yang menyebabkan area di sekitar anus rentan mengalami pembengkakan dan timbul benjolan ambeien.

Maka dari itu, ambeien luar jamak ditemukan pada orang berusia 45-65 tahun.

BACA:  7 Khasiat Ashwagandha yang Bikin Hidupmu Lebih Sehat dan Bahagia

5. Faktor lainnya

Selain disebabkan oleh faktor-faktor di atas, ambeien luar juga bisa disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama, obesitas, sering mengalami diare, riwayat ambeien dalam keluarga, dan melakukan hubungan seksual anal.

Bagaimana Ambeien Luar Didiagnosis?

Lantas bagaimana sih cara mendiagnosis ambeien luar? Tenang, dokter punya beberapa cara untuk memastikan apakah benjolan yang Anda alami merupakan ambeien luar atau bukan.

Biasanya diagnosis ambeien luar dilakukan melalui:

  • Pemeriksaan fisikDokter akan memeriksa daerah sekitar anus dan rektum secara visual maupun dengan menyentuhnya untuk merasakan benjolan ambeien.
  • AnoskopiMenggunakan sebuah tabung kecil berlensa yang dimasukkan ke dalam anus untuk melihat kondisi di dalamnya.
  • SigmoidoskopiAlat ini berbentuk tabung fleksibel dengan kamera di ujungnya yang dimasukkan lewat anus untuk memeriksa bagian dalam rektum.
  • KolonoskopiUntuk melihat seluruh bagian usus besar termasuk anus menggunakan kamera yang dimasukkan lewat anus melalui tabung fleksibel.

Melalui pemeriksaan-pemeriksaan tersebut, dokter dapat menentukan jenis, letak, dan tingkat keparahan ambeien yang dialami.

ambeien luar

Komplikasi yang Bisa Timbul dari Ambeien Luar

Meski umumnya ambeien luar tidak berbahaya, beberapa komplikasi berikut bisa saja terjadi jika ambeien luar tidak ditangani dengan tepat:

  • Perdarahan hebatPerdarahan berlebihan dari ambeien yang pecah dapat menyebabkan anemia karena kekurangan darah.
  • Sumbatan aliran darahJika ambeien terlalu besar, ia bisa menekan dan menyumbat aliran darah. Ini berisiko menyebabkan ambeien mati sehingga harus dilakukan pembedahan.
  • InfeksiAmbeien yang lecet rentan terkena infeksi bakteri sehingga menimbulkan nanah dan bau tak sedap.
  • Pembentukan gumpalan darah (trombosis)Pembuluh darah ambeien yang rusak berisiko mengalami penggumpalan darah atau trombosis. Kondisi ini sangat menyakitkan.
  • Prolaps ambeienAmbeien prolaps terjadi saat ambeien terdorong keluar dari anusnya dan tidak bisa kembali ke posisi semula. Keadaan ini memerlukan pembedahan segera.

Untuk mencegah terjadinya komplikasi di atas, penting buat segera berobat jika ambeien luar tidak kunjung sembuh atau bahkan semakin memburuk.

Berbagai Opsi Pengobatan Ambeien Luar

Nah, setelah tahu penyebab dan gejalanya, pasti kamu juga penasaran kan bagaimana cara mengobati ambeien luar?

Tenang, ada beragam cara mengatasi ambeien luar, mulai dari pengobatan sendiri di rumah, hingga opsi medis bersama dokter. Apa saja itu? Yuk, cek penjelasannya di bawah ini:

BACA:  Codikaf, Obat Antitusif dan Analgetik Bermanfaat Namun Perlu Kehati-hatian

1. Kompres dingin

Salah satu cara mengobati ambeien luar yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah dengan kompres dingin. Caranya cukup mudah, cukup tempelkan handuk yang sudah direndam air dingin atau bongkahan es batu di area ambeien selama 15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

Kompres dingin ini dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri akibat ambeien luar.

2. Sitz bath

Cara lainnya adalah dengan melakukan sitz bath, yaitu berendam di air hangat setelah buang air besar. Rendam bagian bokong selama 15-20 menit, 2-3 kali sehari untuk meredakan ambeien.

Tambahkan garam Epsom atau daun teh hijau ke air rendaman untuk hasil maksimal.

3. Mengonsumsi makanan berserat

Makan makanan tinggi serat seperti buah, sayur, dan biji-bijian juga dianjurkan untuk penderita ambeien luar. Serat dapat melunakkan feses sehingga tidak perlu ngeden terlalu keras saat buang air besar.

Pastikan juga minum cukup air putih, minimal 8 gelas per hari untuk melancarkan BAB.

4. Obat pereda nyeri

Kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri non-resep seperti paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan rasa sakit akibat ambeien luar. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai dosis yang tepat.

5. Salep wasir

Salep wasir yang mengandung bahan aktif seperti hidrokortison dapat membantu mengurangi gatal, bengkak, dan rasa nyeri. Salep ini dijual bebas di apotik.

6. Pengobatan medis

Jika ambeien luar tidak juga sembuh setelah dilakukan perawatan sendiri, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan prosedur non-operasi seperti:

  • Pengikatan ambeien untuk menghentikan aliran darah ke ambeien
  • Skleroterapi dengan menyuntikkan obat ke ambeien untuk mematikannya
  • Fotokoagulasi menggunakan laser untuk mengecilkan ambeien

Jika itu juga tidak berhasil, barulah dokter menyarankan pembedahan ambeien atau hemoroidektomi.

6 Cara Alami Mencegah Ambeien Luar

Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Yuk simak tips alami berikut ini buat hindari ambeien luar:

  • Perbanyak makan makanan berserat seperti sayur, buah, dan biji-bijian
  • Minum cukup air putih, minimal 8 gelas per hari
  • Buang air besar sesegera mungkin jika sudah terasa ingin
  • Jangan terlalu sering duduk terlalu lama
  • Hindari mengejan saat buang air besar
  • Rutin berolahraga ringan seperti jalan kaki

Dengan menerapkan pola hidup sehat tersebut, kamu bisa menghindari faktor pemicu ambeien luar, seperti sembelit dan obesitas.

Itulah pembahasan lengkap tentang ambeien luar, mulai dari penyebab, gejala, diagnosis, pengobatan, hingga cara mencegahnya. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala ambeien luar ya. Semoga informasi ini bisa membantu kamu lebih paham tentang penyakit ambeien luar. Stay healthy!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/external-hemorrhoids

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *