Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Apa Itu Gamon? Bahasa Gaul yang Marak Digunakan di Media Sosial

Gamon adalah singkatan bahasa gaul untuk gagal move on, menunjukkan ketidakmampuan melupakan masa lalu seperti mantan atau kenangan indah.

Pengertian Gamon

Gamon adalah istilah dalam bahasa gaul yang marak digunakan belakangan ini, terutama di media sosial seperti Twitter dan TikTok. Gamon merupakan singkatan dari “gagal move on”.

Kata “move on” sendiri dalam bahasa Inggris memiliki arti berpindah, melangkah maju, atau melanjutkan hidup. Namun dalam bahasa gaul, move on lebih dimaknai sebagai kemampuan untuk melupakan mantan pacar atau melupakan masa lalu.

Jadi gamon secara harfiah berarti gagal untuk melupakan dan move on dari mantan pacar atau kenangan di masa lalu. Orang yang gamon biasanya masih terjebak dalam rasa rindu atau trauma dari hubungan yang telah berakhir.

Asal Usul Kata Gamon

Tidak diketahui pasti kapan kata gamon mulai marak digunakan. Namun kemungkinan besar istilah ini mulai populer sejak beberapa tahun belakangan ini seiring maraknya curhat soal percintaan di media sosial.

Kata gamon sendiri sepertinya merupakan kata yang diciptakan dari penggabungan kata “gagal” dan “move on”. Dua kata tersebut kemudian disingkat menjadi satu kata, yaitu gamon.

Sebagai kata yang relatif baru, gamon tentu saja belum tercantum di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Gamon termasuk ke dalam kategori bahasa prokem atau bahasa gaul yang kerap bermunculan di kalangan anak muda.

Makna Gamon dalam Bahasa Gaul

Dalam bahasa gaul, kata gamon digunakan untuk menunjukkan ketidakmampuan seseorang untuk melupakan masa lalu, baik itu mantan pacar, kenangan indah, ataupun pengalaman tertentu yang membekas.

Beberapa contoh penggunaan kata gamon dalam bahasa gaul antara lain:

BACA:  Imagery adalah Imajinasi, Begini Penjelasannya dalam Psikologi

Masih gamon sama mantan Gamon banget sama moment itu Help gue gamon nih sama dia Dari contoh di atas terlihat bahwa kata gamon biasanya diikuti dengan kata yang menunjukkan objek, kejadian, atau orang yang membuatnya gagal move on.

Seseorang yang mengaku gamon biasanya masih sering memikirkan atau mengenang objek gamon-nya tersebut. Misalnya, masih suka men-stalk akun media sosial sang mantan, menyimpan foto/video kenangan, mendengarkan lagu yang mengingatkannya pada masa lalu, dan lain sebagainya.

Intinya gamon digunakan untuk mengungkapkan ketidakmampuan melupakan masa lalu dan melanjutkan hidup. Kata ini kerap digunakan dalam curhatan galau di media sosial.

arti gamon

Konteks Penggunaan Gamon

Meski awalnya identik dengan curhat galau soal mantan, kini kata gamon juga digunakan dalam konteks yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada urusan percintaan.

Beberapa contoh konteks lain penggunaan gamon antara lain:

Gamon tempat wisata yang pernah dikunjungi Gamon suasana kampus dulu Gamon lagu dan film jadul Gamon momen kebersamaan dengan sahabat Gamon mantan sekolah Gamon gaya rambut idola lama Dari contoh di atas bisa dilihat bahwa kini kata gamon tidak melulu soal mantan pacar, tapi juga digunakan untuk mengungkapkan kerinduan pada tempat, suasana, benda, orang, dan pengalaman di masa lalu.

Intinya, gamon tetap digunakan untuk mengungkapkan perasaan tidak bisa move on dari sesuatu yang telah berlalu. Meski kadang gamon juga digunakan dengan konotasi bercanda atau guyonan.

4 Tipe Orang yang Sering Gamon

Tidak semua orang memiliki kemampuan move on yang sama. Ada beberapa tipe orang yang cenderung lebih sering gamon dibandingkan yang lainnya:

1. Gampang melankolis

Orang yang memiliki sifat melankolis atau sentimentil cenderung lebih sulit move on dari kenangan masa lalu. Mereka mudah larut dalam perasaan sedih, rindu, dan terjebak dalam romantisme masa lalu.

2. Overthinker

Overthinker atau orang yang terlalu banyak berpikir cenderung sukar melupakan masa lalu karena terus menerus memikirkan dan mengulang kenangannya dalam benak.

3. Introvert

Orang dengan kepribadian introvert atau tertutup juga kadang kesulitan move on karena memendam perasaan sendiri dan tak mau berbagi cerita pada orang lain.

4. Terobsesi pada mantan

Beberapa orang menjadi terobsesi dan tergantung secara emosional pada mantan. Ini membuatnya sulit melupakan sosok mantan meski hubungan sudah berakhir.

BACA:  10 Alasan Kenapa Gagal Move On dari Mantan

5 Ciri Orang yang Gamon

Nah, berikut ini adalah ciri-ciri orang yang sedang gamon alias gagal move on:

1. Masih sering mengenang

Orang yang gamon akan sering tiba-tiba terkenang pada mantan atau masa lalunya tanpa sebab. Kenangan itu muncul begitu saja di benaknya.

2. Suka curhat tentang masa lalu

Meski hubungan sudah lama berakhir, orang yang gamon tetap suka curhat soal mantan dan kisah masa lalunya kepada teman-teman.

3. Menyimpan benda kenangan

Ada banyak benda yang mengingatkannya pada sang mantan, seperti foto, kado, surat, dan lainnya. Ia masih menyimpan benda-benda itu meski sudah putus.

4. Suka stalking sosmed mantan

Kebiasaan stalking atau mengintai akun media sosial mantan juga salah satu ciri orang yang gamon dan gagal move on.

5. Galau saat melihat mantan bahagia

Orang yang gamon akan mudah galau dan sedih saat melihat mantan ternyata bahagia dengan pasangan barunya.

6 Cara Mengatasi Gamon agar Bisa Move On

Jika Anda sedang gamon dengan mantan atau masa lalu, berikut ini adalah beberapa tips agar bisa move on:

1. Mengurangi kontak dan menjauh dari mantan

Jangan ragu untuk menjauhi atau mengurangi kontak dengan mantan jika ingin move on. Menjaga jarak akan membantu melupakannya.

2. Sibukkan diri dengan aktivitas positif

Sibukkan diri dengan pekerjaan, kuliah, hobi, dan aktifitas sosial. Jangan terlalu banyak menyendiri dan melamun.

3. Berbagi cerita dengan kerabat terdekat

Curhatlah pada kerabat terdekat agar beban gamon bisa berkurang. Namun tetap pertimbangkan porsinya.

4. Buang barang-barang pemberian mantan

Barang kenangan seperti foto dan hadiah dari sang mantan sebaiknya dibuang saja agar lebih mudah melupakannya.

5. Fokus pada diri sendiri

Fokus mengembangkan karir, mengejar cita-cita, atau memperbaiki diri. Jangan terus menerus memikirkan mantan.

6. Buka hati untuk hubungan baru

Saat siap, mulailah membuka hati untuk menjalin hubungan baru. Orang baru bisa membantu melupakan masa lalu.

Itulah pembahasan panjang lebar mengenai apa itu gamon dalam bahasa gaul. Gamon adalah kependekan dari “gagal move on” yang berarti gagal melupakan masa lalu dan mantan pacar.

BACA:  Arti Hari H dalam Kehidupan Sehari-hari, Apa Sih Sejarahnya?

Kata ini awalnya identik dengan curhat galau di media sosial. Namun kini maknanya meluas, tidak hanya soal mantan, tapi juga tentang kesulitan melupakan tempat, momen, benda, dan pengalaman di masa lalu.

Gamon memang lebih sering dialami oleh orang-orang dengan sifat melankolis, overthinker, introvert, atau terobsesi pada mantan. Namun dengan beberapa cara, seseorang sebenarnya bisa berusaha untuk move on dari rasa gamon.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *