Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

8 Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Guru

Alasan mengapa kita harus menghormati guru adalah karena jasa mereka mengajar dan mendidik kita. Guru berhak dihargai sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru adalah sosok yang luar biasa. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang rela mengabdikan hidupnya untuk mencerdaskan anak bangsa. Sudah sepantasnya jika kita menaruh hormat dan memberikan penghargaan kepada mereka.

Lantas, mengapa kita harus menghormati guru? Apa saja alasan dan manfaatnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Guru

Ada banyak alasan mengapa kita wajib menghormati guru. Berikut adalah beberapa di antaranya:

mengapa kita harus menghormati guru

1. Perintah Agama

Alasan utama kita harus menghormati guru adalah karena agama memerintahkannya. Dalam hadis, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak menghormati yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda, dan tidak memahami hak para ulama.” (HR. Ahmad)

Dalam hadis ini, kata “ulama” tidak hanya ditujukan pada kyai atau ustadz, tetapi juga kepada siapa pun yang mengajarkan ilmu, termasuk guru. Maka dari itu, menghormati guru adalah bentuk ketaatan kita pada perintah agama.

2. Balas Jasa atas Ilmu yang Diberikan

Guru adalah orang yang mengajarkan berbagai ilmu kepada kita. Berkat bimbingan beliau, kita bisa membaca, menulis, dan memahami ilmu pengetahuan. Tentu saja ini adalah jasa yang luar biasa dari guru.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita membalas jasa guru dengan cara menghormati dan menghargai mereka. Ini adalah bentuk terima kasih kita atas ilmu berharga yang telah mereka berikan.

BACA:  Inilah Syarat Masuk Sekolah Kedinasan yang Harus Kamu Ketahui

3. Guru sebagai Orang Tua Kedua

Di sekolah, guru berperan sebagai orang tua kedua bagi para muridnya. Mereka mendidik, membimbing, dan mengarahkan kita agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Oleh karena itu, menghormati guru sama dengan menghormati orang tua sendiri. Kita harus patuh, sopan, dan menghargai guru karena mereka juga ingin yang terbaik bagi kita.

4. Wujud Penghormatan kepada Ilmu

Dalam ajaran Islam, menuntut ilmu adalah ibadah dan kewajiban bagi setiap muslim. Oleh karena itu, kita juga harus menghormati ilmu dan orang-orang yang mengajarkannya.

Salah satu cara menghormati ilmu adalah dengan menghormati guru. Karena tanpa guru, ilmu tidak dapat tersampaikan dengan baik dan kita tidak dapat berkembang menjadi manusia yang cerdas.

5. Guru adalah Pewaris Para Nabi

Dalam hadis yang diriwayatkan At-Tirmidzi, Rasulullah bersabda:

“Para ulama adalah pewaris para nabi.”

Maksudnya, para ulama dan guru meneruskan perjuangan para nabi untuk mengajarkan ilmu dan nilai-nilai kebaikan kepada umat manusia. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita menghormati guru sebagaimana kita menghormati para nabi.

6. Mendapatkan Berkah Ilmu

Dengan menghormati dan memuliakan guru, kita akan mendapatkan berkah dari ilmu yang diajarkan. Ilmu yang didapatkan dengan penuh penghormatan akan lebih bermanfaat dan membawa kebaikan.

Sebaliknya, jika kita meremehkan dan tidak menghargai guru, maka ilmu yang kita dapatkan tidak akan membawa manfaat yang maksimal. Oleh karena itu, menghormati guru juga penting demi mendapatkan berkah ilmu.

7. Teladan Akhlak dan Moral

Di sekolah, guru tidak hanya mengajarkan pelajaran akademis. Mereka juga menanamkan akhlak, moral, dan teladan yang baik melalui tutur kata dan perilakunya.

Dengan meneladani akhlak guru yang baik, kita akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih berbudi pekerti. Menghormati guru berarti kita menerima teladan baik yang diberikan dan menjadikannya panutan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Wujud Syukur kepada Allah SWT

Hidayah untuk bisa mengenyam pendidikan dan mendapatkan ilmu juga merupakan karunia dari Allah SWT. Oleh karena itu, kita patut bersyukur dengan cara menghormati guru yang telah membimbing kita.

BACA:  Pendaftaran PKN STAN 2024: Jadwal, Syarat, dan Panduan Lengkap

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, ia tidak bersyukur kepada Allah.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Menghormati guru yang telah memberi kita pendidikan termasuk wujud syukur kita kepada nikmat Allah SWT.

Manfaat Menghormati Guru

Selain karena perintah agama, ada banyak manfaat positif yang bisa kita peroleh dengan menghormati guru, di antaranya:

1. Mendapatkan Ilmu yang Berkah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan menghormati guru kita akan mendapatkan ilmu yang berkah. Ilmu tersebut kelak akan sangat bermanfaat dalam kehidupan kita.

2. Memiliki Akhlak dan Moral yang Baik

Teladan akhlak mulia dari guru akan tertanam dengan baik dalam diri kita jika kita menghormati mereka. Kita akan tumbuh menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur.

3. Mendapatkan Doa dari Guru

Guru yang kita hormati dengan tulus juga akan mendoakan kebaikan untuk kita. Doa dari seorang alim terbukti mustajab, apalagi jika doa tersebut dari seorang guru yang kita hormati.

4. Menciptakan Hubungan Baik dengan Guru

Sikap hormat kita kepada guru akan membuat hubungan kita dengan beliau menjadi lebih akrab dan dekat. Guru yang merasa dihormati juga akan senang dan sepenuh hati dalam mendidik kita.

5. Mendapat Ridha dari Orang Tua

Ketika kita menghormati guru dengan baik, hal itu tentu akan membuat hati orang tua kita senang dan bangga. Orang tua pasti ridha melihat putra-putrinya tumbuh menjadi pribadi yang santun.

6. Menjadi Teladan untuk Teman-teman

Sikap hormat kita kepada guru dapat menjadi contoh baik bagi teman-teman sebaya. Mereka ikut terdorong untuk bersikap hormat kepada guru dan orang-orang yang lebih tua.

7. Mendapatkan Ilmu Tambahan di Luar Kelas

Dengan hubungan baik dan kedekatan yang terjalin, kita bisa bertanya dan belajar banyak hal di luar kelas kepada guru. Tentu saja ini akan sangat memperkaya ilmu dan wawasan kita.

8. Mendapat Bimbingan yang Lebih Intensif

Guru yang merasa dihormati oleh muridnya tentu akan dengan senang hati memberikan perhatian dan bimbingan lebih kepada murid tersebut. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat bagi kemajuan belajar kita.

BACA:  Panduan Lengkap Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024, Download Buku Panduannya!

Nah, itulah sederet manfaat yang bisa kita peroleh dengan memberikan penghormatan kepada guru. Tentu sangat sayang jika kita melewatkan kesempatan emas ini.

mengapa kita harus menghormati guru

Bagaimana Cara Menghormati Guru dengan Baik dan Benar?

Setelah mengetahui pentingnya menghormati guru, tentu kita perlu tahu bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Mengucapkan Salam dan Mencium Tangan

Cara paling mendasar menunjukkan rasa hormat kepada guru adalah dengan mengucapkan salam dan mencium tangannya saat bertemu atau berpisah. Jangan lupa senyum dan sapa dengan ramah juga ya.

2. Memanggil dengan Sebutan yang Sopan

Panggil guru dengan sebutan Bapak atau Ibu. Jangan memanggil nama langsung atau dengan julukan yang tidak sopan. Gunakan nada bicara yang halus dan sopan saat memanggil.

3. Mendengarkan dengan Seksama saat Diajari

Tunjukkan kesungguhan dengan mendengarkan penjelasan dari guru dengan seksama. Duduk dengan tenang, tidak ribut, dan fokus mendengarkan saat guru mengajar.

4. Melaksanakan Perintah dan Tugas dengan Baik

Patuhi perintah dan kerjakan tugas yang diberikan guru dengan penuh tanggung jawab. Serahkan tepat waktu dan berusaha mengerjakan sebaik mungkin untuk menghargai usaha guru.

5. Tidak Berbicara Saat Guru Sedang Menjelaskan

Jangan memotong atau berbicara sendiri saat guru sedang menjelaskan di depan kelas. Tunggu giliran untuk bertanya atau menanggapi agar tidak mengganggu konsentrasi guru.

6. Berperilaku Sopan saat Dihadapan Guru

Jaga sikap, tutur kata, dan perilaku saat berhadapan dengan guru, baik di dalam maupun di luar kelas. Hormati beliau sebagaimana hormat kepada orang tua.

7. Memberi Hadiah atau Ucapan di Hari Penting

Ingatkan dan ucapkan selamat di hari ulang tahun atau hari penting guru dengan memberikan hadiah, kartu ucapan, atau bunga. Ini akan membuat guru merasa dihargai.

8. Membantu Guru Saat Kesulitan

Jika melihat guru kesulitan membawa barang atau peralatan mengajar, segera bantu beliau. Tawarkan jasa dengan sopan untuk meringankan beban guru.

9. Selalu Berpakaian Rapi dan Sopan

Kenakan pakaian yang sopan dan rapi saat berangkat sekolah. Ini juga salah satu wujud hormat kita kepada guru dan peraturan yang berlaku di sekolah.

10. Menjaga Nama Baik Guru dan Sekolah

Jangan melakukan hal-hal yang dapat mencemarkan nama baik guru dan sekolah, seperti tawuran, merokok, atau berkelahi. Lakukan saja hal-hal positif yang membanggakan.

Demikian cara menghormati guru yang dapat kita lakukan di sekolah. Tentu masih banyak lagi bentuk penghargaan yang bisa kita berikan untuk membuat hati guru senang.

Kesimpulan Mengapa Kita Harus Menghormati Guru

Menghormati guru adalah kewajiban bagi setiap murid. Selain karena perintah agama, memberi penghargaan pada guru juga memiliki banyak manfaat positif bagi diri kita sendiri.

Guru telah berjasa mengajarkan berbagai ilmu dan mengantarkan kita menggapai cita-cita. Sudah sepantasnya kita membalas budi baik mereka dengan penuh hormat sebagai ungkapan terima kasih yang tulus.

Dengan menerapkan cara menghormati guru di atas, kita telah melaksanakan kewajiban sekaligus menanamkan nilai-nilai akhlak mulia dalam diri. Semoga kita semua dapat meneladani teladan luhur para guru dan senantiasa memberikan yang terbaik bagi mereka.

Apakah kalian setuju bahwa menghormati guru itu penting? Mengapa? Silakan berbagi opini kalian tentang topik ini di kolom komentar ya!

Terima kasih telah membaca sampai akhir. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menginspirasi kita semua untuk lebih menghargai jasa para pendidik.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *