Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Inilah Jurusan di STAN yang Sepi Peminat, Kesempatan Lulus Lebih Besar?

Jurusan di STAN yang sepi peminat karena promosi kurang, standar ketat dan dianggap kurang prospek. Meski begitu, sepi peminat justru memberi banyak keuntungan.

Jurusan di STAN yang sepi peminat – Ketika mendengar nama STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, pasti yang terlintas dalam benak kita adalah kampus yang selalu dipenuhi oleh calon mahasiswa. Hal ini memang benar adanya, Pasalnya STAN terkenal sebagai salah satu kampus favorit di Indonesia untuk jurusan akuntansi dan keuangan.

Namun siapa sangka, tidak semua jurusan di STAN selalu dipenuhi peminat setiap tahunnya. Masih ada beberapa jurusan yang sepi peminat atau bahkan sangat jarang dipilih waktu pendaftaran loh!

Lantas apa aja jurusan di STAN yang sepi peminat itu? Apa alasannya ya kenapa sepi peminat? Yuk kita bahas bareng-bareng di artikel kali ini!

Kenapa Penting Membahas Jurusan Sepi Peminat di STAN?

Sebelum kita masuk ke intinya, ada baiknya kita pahami dulu deh kenapa sih kita perlu bahas jurusan STAN yang sepi peminat ini. Ada beberapa alasan pentingnya, di antaranya:

1. Memberikan Informasi yang Jarang Dibahas Orang

Topik tentang jurusan STAN yang sepi peminat ini sebenarnya sangat jarang dibahas di internet atau media informasi lain. Padahal informasi ini bisa berguna banget loh buat calon pendaftar, terutama buat yang mau ‘jalan pintas’ agar bisa keterima di STAN.

Makanya di sini kita akan bahas info-info menarik seputar jurusan STAN yang sepi peminat biar nggak banyak yang tahu 😉

2. Agar Paham Alasan di Balik Sepinya Peminat

Dengan membahas jurusan STAN yang kurang peminat, kita bisa paham alasan di balik fenomena ini. Apakah emang jurusannya yang kurang menarik atau bagaimana. Informasi ini bisa jadi pertimbangan juga saat mau mendaftar nanti.

3. Menambah Wawasan tentang STAN

Saat ini STAN masih menjadi “The Big Three” kampus favorit di Indonesia bersama UI dan ITB. Makanya, menambah pengetahuan tentang STAN dari berbagai sisi tetap penting utnuk menambah wawasan kita.

BACA:  Inilah Syarat Masuk Sekolah Kedinasan yang Harus Kamu Ketahui

4. Biar Nggak Salah Kaprah tentang STAN

Banyak anggapan bahwa STAN itu kampus impian semua orang dan pasti selalu penuh setiap tahunnya. Padahal nyatanya masih ada beberapa jurusan yang sepi peminat loh.

Lewat artikel ini, kita bisa mengoreksi anggapan yang salah tentang STAN tersebut.

Oke, karena kita udah paham pentingnya topik ini, maka langsung saja kita intip satu-persatu jurusan di STAN yang paling sepi peminat itu sebenarnya!

jurusan di stan yang sepi peminat

8 Daftar Jurusan di STAN yang Sepi Peminat Dari Berbagai Aspek

Berdasarkan data rata-rata peminatan selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa jurusan di STAN yang sepi peminatnya dibanding yang lain. Mari kita lihat 8 daftarnya:

1. Jurusan Manajemen Keuangan

Jurusan pertama STAN yang sepi peminat adalah Manajemen Keuangan. Jurusan ini memiliki 2 program studi, yakni:

  • Manajemen Treasuri Negara
  • Manajemen Penerimaan Negara

Pada jurusan ini, mahasiswa akan belajar materi seputar:

  • Perencanaan dan pelaksanaan keuangan negara
  • Lelang negara
  • Hukum dan penilaian properti
  • dan banyak lagi

2. Jurusan Akuntansi

Cukup mengejutkan memang STAN terkenal karena jurusan akuntansinya, tapi ternyata jurusan akuntansi juga termasuk yang sepi peminat.

Hal ini dikarenakan persaingan yang sangat ketat di jurusan akuntansi STAN. Makanya banyak calon mahasiswa yang akhirnya pindah jurusan ke universitas lain yang dianggap lebih mudah lolos.

3. Jurusan Kepabeanan & Cukai

Jurusan satu ini cukup unik karena ada syarat khusus bagi calon mahasiswanya, seperti:

  • Penglihatan harus normal tanpa gangguan
  • Memenuhi proporsi dan tinggi badan ideal
  • Harus berasal dari rumpun IPA

Karena syaratnya yang cukup ketat ini, akhirnya banyak yang urung mendaftar ke jurusan Kepabaeanan & Cukai.

4. Jurusan Pajak

Meski sekilas jurusan pajak terdengar menjanjikan, ternyata peminatnya juga sedikit di STAN.

Hal ini kemungkinan karena saingan yang ketat, mengingat banyak universitas baik negeri maupun swasta yang sudah banyak membuka jurusan perpajakan.

5. Program D3 Manajemen Aset

Program pendidikan D3 di bawah jurusan Manajemen Keuangan ini termasuk yang paling sepi peminatnya.

Kemungkinan karena program studi ini dianggap terlalu spesifik dan kurang fleksibel dibanding program S1 nya.

6. Program D3 Penilai PBB

Sama seperti Manajemen Aset, program studi penilai PBB yang berada di bawah jurusan Pajak ini juga sangat sepi peminat dari tahun ke tahun.

Kemungkinan hal ini dipengaruhi popularitas program studi perpajakan nya yang masih kalah saing dengan universitas lain.

7. Program D3 KBN

Singkatan dari Kebendaharaan Negara, program D3 KBN masih terhitung baru di STAN makanya peminatnya juga sedikit.

Apalagi ada program sejenis yakni D1 KBN yang waktu studinya lebih singkat, sehingga lebih banyak diminati calon mahasiswa.

BACA:  Jurusan TKJ SMK, Peluang Sukses Berkarier di Bidang IT

8. Semua Program Pendidikan D3

Secara keseluruhan yang paling sepi peminat di STAN sebenarnya adalah program Diploma 3 (D3).

Hal ini dikarenakan sebagian besar calon mahasiswa lebih memilih program sarjana (S1) yang dianggap lebih bergengsi dan berkelas.

Nah itu dia 8 daftar lengkap jurusan STAN yang paling sepi peminat beserta analisa singkatnya. Cukup mengejutkan dan di luar dugaan kan?

Tapi jangan salah, meski sepi peminat bukan berarti jurusan-jurusan di atas tidak menarik atau prospek kerjanya buruk. Justru sebaliknya, pilihan ini bisa jadi solusi jitu buat kamu yang pengen kuliah di STAN tapi nggak mau ribet saingan ketat sama calon mahasiswa lain!

jurusan di stan yang sepi peminat

5 Alasan Utama Kenapa Jurusan-jurusan Tersebut Sepi Peminat

Setelah mengetahui jurusan-jurusannya, sekarang kita akan bahas apa aja sih alasan utamanya kenapa bisa sepi peminat:

1. Kurangnya Informasi dan Promosi

Salah satu alasan jurusan-jurusan tersebut kurang dikenal masyarakat adalah kurang maksimalnya sosialisasi dan promosi dari pihak STAN sendiri.

STAN biasanya hanya fokus mempromosikan jurusan-jurusan unggulannya saja seperti akuntansi, sehingga jurusan lain kadang kurang terekspose.

2. Dianggap Kurang Menarik dan Keren

Selain kurang informasinya, beberapa jurusan di STAN dianggap kurang keren dan menarik dibanding jurusan sejenis di universitas lain.

Misalnya saja jurusan Perpajakan, kebanyakan calon mahasiswa lebih tertarik ambil jurusan perpajakan di universitas besar macam UI atau UGM ketimbang di STAN.

3. Persaingan yang Terlalu Ketat di Jurusan Favorit

Kita semua tahu bahwa STAN adalah kampus keuangan nomor 1 di Indonesia. Makanya tak heran banyak sekali peminat di jurusan seperti Akuntansi dan Manajemen Keuangan karena peluang kerja dan gajinya besar.

Tapi karena persaingan yang sangat ketat itulah banyak calon mahasiswa yang akhirnya ‘menyerah’ dan beralih ke pilihan kedua mereka yakni jurusan sejenis di kampus lain.

4. Syarat Masuk yang Terlalu Sulit

Seperti yang udah kita bahas di jurusan kepabeanan & cukai, beberapa jurusan di STAN memiliki standar dan kualifikasi masuk yang cukup memberatkan calon mahasiswa.

Mulai dari tes tertulis, wawancara, hingga syarat kesehatan fisik, semua itu bisa jadi penghalang bagi sebagian calon mahasiswa.

5. Dianggap Kurang Prospektif dan Menjanjikan

Kesan ini mungkin salah kaprah, tapi beberapa jurusan yang sepi peminat di STAN dianggap kurang prospektif dan menjanjikan dibanding jurusan populer macam akuntansi.

Padahal pada kenyataannya, lulusan dari jurusan-jurusan tersebut tetap dibutuhkan di dunia kerja kok. Bahkan bisa jadi malah lebih mudah diterima karena saingannya sedikit.

Nah itu dia kelima alasan yang menyebabkan jurusan-jurusan tadi menjadi sepi peminat di STAN. Semuanya cukup masuk akal bukan?

3 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Memilih Jurusan Sepi Peminat STAN

Meski terkesan sepi dan kurang hits, ada loh sejumlah keuntungan spesial yang bisa kamu dapatkan dengan berani memilih jurusan yang minim peminat di STAN ini. Apa aja keuntungannya?

1. Persaingan yang Jauh Lebih Rendah

Keuntungan paling besar tentu saja adalah persaingan yang JAUH lebih longgar dibanding jurusan populer macam akuntansi atau perpajakan.

BACA:  Panduan Terlengkap Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024: Jalur Kuliah Gratis dan Langsung Kerja!

Dengan peminat yang sedikit, otomatis kompetisi untuk bisa lulus SPMB PKN STAN juga sedikit. Peluang keterimaan kamu jadi lebih besar dong!

2.henyak Meraih Prestasi

Saking sedikitnya saingan, kesempatan buat meraih berbagai prestasi akademik dan non-akademik di STAN jadi terbuka lebar loh buat kamu.

Baik prestasi dalam bidang tertentu ataupun penghargaan mahasiswa teladan sekalipun. Semuanya jadi sangat mungkin untuk diraih.

3. Lebih Mudah Menonjol dan Dikenal Dosen

Hal lain yang bisa kamu dapatkan adalah lebih mudah untuk menonjol dan akrab dengan para dosen.

Karena jumlah mahasiswanya sedikit, interaksi dengan dosen bisa jadi lebih intens dan kesempatan buat bimbingan, diskusi, atau sekedar ngobrol jadi terbuka lebar. Dosen jadi lebih hafal dengan muka kamu.

Nah, itu dia 3 keuntungan spesial yang cukup menggiurkan yang bisa kamu dapatkan dengan berani memilih jurusan yang sepi peminat di STAN.

Lumayan kan buat jadi bahan pertimbangan?

jurusan di stan yang sepi peminat

Pentingnya Pertimbangan Mendalam Sebelum Ambil Keputusan

Sebelum memutuskan ambil jurusan sepi peminat di STAN, penting banget buat kamu melakukan pertimbangan dalam dari berbagai sisi. Jangan asal pilih jurusan yang kedengarannya ribet atau aneh ya.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:

• Minat dan Bakat

Pertama tentu saja adalah minat dan bakat. Semua jurusan di STAN, termasuk yang sepi peminat, tetap memiliki basic pengetahuan yang harus dikuasai. Jadi pastikan kamu memilihnya berdasarkan minat dan bakat, bukan asal-asalan.

• Prospek Karir

Meski sepi peminat, bukan berarti jurusannya nggak punya prospek karir bagus ke depannya. Malah SERINGKALI jurusan ini justru lebih dibutuhkan di industri karena spesifik dan langka.

• Kurikulum

Cek dulu kurikulum dan mata kuliahnya agar nanti nggak kaget dengan materi-materi yang harus dipelajari. Pastikan semuanya masih sesuai dengan minat kamu ya.

• Pertimbangan Orangtua

Pilihan jurusan apapun, termasuk jurusan sepi peminat tetap harus dikonsultasikan dengan orangtua agar mendapat dukungan penuh dari mereka.

Nah, dengan melakukan pertimbangan mendalam dari berbagai aspek tersebut, kamu bisa memastikan keputusan memilih jurusan sepi peminat di STAN adalah pilihan terbaik buat masa depanmu.

3 Langkah Penting yang Perlu Dilakukan Setelah Memutuskan Ambil Jurusan yang Sepi Peminat STAN

Setelah mantap dan yakin 100% mau mengambil jurusan yang sepi peminat di STAN, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan berikutnya, yaitu:

1. Persiapkan Mental dan Fisik

Persiapkan diri secara mental dan fisik untuk menghadapi perkuliahan nanti. Karena kurang diminati orang, otomatis standarnya juga tinggi. Kuatkan tekad dan mentalmu ya!

2. Kuasai Materi dan Skill Dasar

Jurusan sepi peminat biasanya memiliki basic pengetahuan dan skill khusus yang harus dikuasai. Makanya, kuasai sedini mungkin materi dan keahlian dasar dari jurusan yang kamu pilih.

Ini bisa dilakukan dengan banyak membaca literatur terkait, menonton video pembelajaran, atau ikut kursus singkat sebelum kuliah dimulai.

3. Bangun Relasi dengan Senior dan Alumni

Langkah berikutnya adalah membangun relasi atau jaringan dengan senior dan alumni jurusan yang kamu pilih.

Relasi ini akan sangat berguna untuk bertukar info dan pengalaman selama berkuliah nanti. Kamu bisa mulai melakukannya lewat media sosial atau komunitas jurusan.

Nah, begitulah 3 langkah penting yang wajib kamu lakukan setelah memutuskan ambil jurusan sepi peminat di STAN. Dengan persiapan matang sejak dini, kesuksesanmu di kampus nanti bisa diraih dengan maksimal!

Jurusan Sepi Peminat Bukan Berarti Jurusan Buruk

Itulah ulasan panjang lebar seputar jurusan di STAN yang sepi peminat beserta berbagai informasi pentingnya.

Secara keseluruhan bisa ditarik kesimpulan bahwa jurusan SEPI PEMINAT di STAN bukan berarti jurusan yang buruk atau tidak berkualitas. Justru sebaliknya, SERINGKALI ini adalah jurusan “rahasia” yang sebenarnya punya banyak keunggulan.

Jadi jangan ragu lagi buat pertimbangkan jurusan-jurusan ini sebagai alternatif pilihan kuliah yang menjanjikan di STAN ya!

Dengan berbekal informasi di atas, kamu juga jadi lebih paham alasan jurusan-jurusan ini sepi peminat dan bisa mengambil keputusan dengan bijak.

Sudah siap menjadi mahasiwa STAN lewat “Jalan Pintas”? Semangat dan sukses buat kamu!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *