Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

10 Fandom Paling Toxic di Indonesia: Hindari Kalo Gamau Cari Ribut!

Fandom paling toxic di Indonesia adalah K-Pop, Marvel, Naruto, sepak bola, dan Mobile Legends karena fansnya terlalu fanatik dan sering bertindak berlebihan dan

Fandom paling toxic – Di zaman now kan banyak banget fandom ya guys, dari fandom boyband, artis, film, anime, apalagi game. Fandom itu ibaratnya rumah kedua buat para fans, tempat buat ngumpul dan fanboying bareng-bareng. Sayangnya nggak semua fandom itu asyik. Ada beberapa fandom yang emang udah terkenal toxic dan bikin orang males deket-deket.

Nah di artikel ini, gue mau bahas 10 fandom paling toxic menurut orang Indonesia. Gue ambil pendapat dari grup-grup di medsos dan forum yang isinya anak muda Indonesia kayak kita-kita ini. Langsung aja yuk disimak listnya biar kita tahu fandom mana aja yang harus dihindari kalo gamau cari ribut!

Oh iya, sebelum ke sana kita kenali dulu ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Fandom Toxic

Bagaimana mengenali fandom yang sudah masuk kategori sangat toxic? Berikut adalah ciri-cirinya:

1. Obsesif

Fandom toxic memiliki anggota yang terobsesi secara berlebihan pada idola atau objek kesukaan mereka. Mereka rela melakukan apa saja demi idola kesayangan mereka, bahkan jika itu melanggar norma dan etika. Contohnya adalah sasaeng fans di K-Pop yang rela menguntit bahkan menerobos privasi idolanya.

2. Anti Kritik

Fandom toxic sangat anti kritik. Mereka gabisa menerima ketika idola atau objek kesukaan mereka dikritik atau diejek. Kritik sekecil apapun dianggap sebagai serangan yang harus ditanggapi dengan kemarahan.

3. Suka Menyerang

Jika ada yang mengkritik idola atau objek kesukaan mereka, fandom toxic ga segan-segan menyerang balik. Serangan ini bisa secara verbal di media sosial, atau bahkan ancaman fisik. Tak jarang perilaku mereka bisa masuk kategori bullying dan cyberbullying.

4. Superioritas Tinggi

Karena terobsesi, fandom toxic merasa objek kesukaan mereka yang paling superior. Mereka dengan congkaknya memandang rendah bahkan menghina fandom dan hal-hal yang disukai orang lain. Sikap sombong ini sangat tidak menyenangkan.

BACA:  Jeane Victoria Dikeluarkan dari JKT48, Diduga Langgar Golden Rules

5. Fanatik Buta

Fandom toxic sangat fanatik dan buta terhadap kesalahan idola atau objek kesukaan mereka. Mereka berpikir idola dan hal-hal yang mereka sukai selalu benar, sempurna, dan tanpa cela. Kritik apapun dianggap tidak beralasan dan jahat.

6. Bereaksi Berlebihan

Fandom toxic kerap bereaksi sangat berlebihan terhadap isu-isu sepele. Misalnya massa menyerang individu atau institusi hanya karena dianggap telah “menghina” idola atau objek kesukaan mereka. Padahal sebenernya ga ada penghinaan yang terjadi.

10 Fandom paling Toxic di Mata Pengguna Internet Indonesia

Berdasarkan diskusi dengan sejumlah pengguna internet Indonesia, berikut 10 fandom yang dianggap paling toxic dan kerap menuai kontroversi di Tanah Air:

1. Fandom K-Pop

fandom paling toxic

Udah nggak bisa dipungkiri lagi kalo fandom K-Pop itu emang terkenal paling toxic di Indonesia. Apalagi fandomnya BTS, BLACKPINK sama fandom K-Pop lain yang punya basis fans gede di Indonesia.

Kelakuan fans-fans ini bikin orang geleng-geleng kepala. Mereka kalau udah fanatik bawaannya sensitif, nggak terima kalo ada yang ngkritik idola mereka. Kadang suka maksa orang buat dengerin lagu dan nonton MV idola mereka. Pokoknya kalo lo nggak suka sama idola mereka, bakal di-bash habis-habisan.

Para ARMY juga terkenal doyan banget nge-spam di kolom komentar YouTube atau Instagram orang dengan promosiin BTS. Ganggu banget deh pokoknya. Makanya banyak yang males deket-deket sama fans K-Pop.

2. Fandom Film Marvel

Marvel Cinematic Universe (MCU) udah jadi franchise film paling laris di dunia saat ini. Tapi sayangnya, fandom film-film Marvel ini juga termasuk paling toxic.

Fans Marvel emang terobsesi berat sama MCU. Begitu ada film Marvel yang baru rilis, langsung heboh di medsos. Yang bikin toxic itu mereka selalu banding-bandingin MCU sama DC Extended Universe (DCEU) dari DC Comics.

Menurut mereka film Marvel selalu lebih bagus dari film DC. Marvel fans juga suka banget nge-bash aktor atau sutradara yang ngomong negatif tentang MCU. Pokoknya mereka nggak terima MCU dikritik sedikit pun.

3. Fandom Anime Naruto

Salah satu anime paling populer sepanjang masa, Naruto punya basis fans yang besar banget di Indonesia. Sayangnya banyak fans Naruto yang udah kelewat fanatik dan suka banding-bandingin anime lain sama Naruto.

BACA:  10 Rekomendasi Film Bioskop Terbaru Oktober 2023 yang Wajib Kamu Tonton

Contohnya, pas anime Demon Slayer lagi naik daun, fans Naruto langsung bilang kalau Demon Slayer itu mirip-mirip Naruto dan nggak original. Pokoknya menurut mereka nggak ada anime lain yang bisa ngalahin Naruto.

Saking cintanya sama Naruto, fansnya jadi overprotective dan agak arogan. Mereka selalu menganggap Naruto nomor satu dan nggak terima kalau ada yang ngomong jelek soal Naruto.

4. Fandom Sepak Bola Indonesia

Sepak bola emang olahraga paling populer di Indonesia. Sayangnya, fandom sepak bola Indonesia ini terkenal paling brutal dan tak kenal toleransi.

Fans bola di sini kalau udah fanatik bisa melakukan apa aja buat membela tim kesayangannya. Mereka gampang tersinggung dan gampang berantem gara-gara beda tim. Di lapangan, nggak jarang terjadi keributan antar suporter.

Di medsos juga suka ada fanwar antarsuporter tim yang bermusuhan. Pokoknya fandom bola Indonesia ini emang terkenal paling panas. Makanya kalau mau ngomongin bola di sosmed harus hati-hati dan jaga toleransi.

5. Fandom Game Mobile Legends

fandom paling toxic

Sebagai salah satu game MOBA terpopuler di Indonesia, Mobile Legends punya basis pemain yang besar. Sayangnya banyak pemain MLBB ini yang toxic banget, terutama di mode PvP.

Banyak yang suka nge-trash talk tim lawan, saling hina, bahkan maki-maki kalau lagi kalah. Yang paling parah itu mainnya suka afk atau sengaja ngasih kemenangan ke tim lawan kalau emosian.

Di grup FB atau forum MLBB juga banyak fanwar antarpemain. Pokoknya fandom game Mobile Legends ini emang terkenal sangat toxic, makanya banyak yang ogah main lagi gara-gara capek dengan tingkah pemainnya.

6. Fandom Selebriti Korea (Koreaboo)

Di Indonesia juga banyak banget penggemar artis-artis Korea, yang biasa disebut Koreaboo. Mereka ini terobsesi banget sama idola K-Pop atau aktor Koreanya.

Sayangnya banyak dari mereka yang udah keluar jalur dalam mendukung idola. Contohnya suka maksa-maksa orang lain buat suka sama idola mereka. Atau kalau ada artis Indonesia yang mirip artis Korea langsung dibilang plagiat.

Pokoknya sikap Koreaboo ini bikin banyak orang risih. Apalagi mereka juga suka ngebash habis-habisan kalau ada yang ngomong jelek soal idola K-Pop atau drakor favorit mereka.

BACA:  Avenged Sevenfold Guncang Jakarta Setelah Penantian Panjang 10 Tahun

7. Fandom Taylor Swift

Dikenal sebagai salah satu penyanyi pop paling sukses saat ini, Taylor Swift punya basis fans yang super fanatik di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Fansnya yang dikenal dengan Swifties ini terobsesi berat sama Taylor Swift.

Mereka selalu membela Taylor mati-matian walau tanpa bukti yang jelas. Pokoknya bagi mereka, Taylor itu selalu benar dan nggak mungkin salah. Swifties juga hobi banget cancel culture terhadap siapa pun yang dianggap musuh Taylor.

Saking cintanya sama Taylor, fansnya jadi overprotektif dan nggak objektif. Mereka siap menyerang siapa pun yang dianggap anti Taylor. Pokoknya fandom Swifties emang cukup toxic di mata banyak orang.

8. Fandom YouTuber Ria Ricis

Ria Ricis adalah salah satu YouTuber hits di Indonesia dengan jumlah subscriber fantastis. Sayangnya banyak fans Ria Ricis yang udah keterlaluan dan bikin citra sang YouTuber jadi jelek.

Fansnya Ria Ricis ini terkenal suka berlebihan dalam membela sang idola. Mereka langsung emosi dan menyerang balik kalau Ria Ricis dikritik atau di-bash. Yang parah mereka suka bully YouTuber atau artis lain yang dianggap “musuhnya” Ria Ricis.

Kelakuan fans Ria Ricis inilah yang bikin banyak orang makin muak sama sang YouTuber. Karena ulah fansnya, citra Ria Ricis jadi buruk di mata publik.

9. Fandom Anti K-Pop

fandom paling toxic

Seiring makin populernya K-Pop, muncul pula kelompok anti fans atau haters yang memusuhi idol K-Pop tertentu. Di Indonesia, anti fanbase K-Pop ini juga cukup banyak dan toxic.

Mereka hobi banget nuduh idol K-Pop tertentu plastik, nggak berbakat atau pelakor. Pokoknya suka bikin isu-isu negatif tentang idol yang dibenci. Kadang tanpa bukti yang kuat, langsung menjatuhkan dan bash idolanya.

Kelakuan anti fans K-Pop ini sungguh kekanakan dan cuman buang-buang energi. Makanya banyak orang yang muak dengan tingkah laku anti fanbase yang sok-sokan jadi haters ini.

10. Fandom Selebriti & Influencer

Secara umum, fandom artis dan influencer di Indonesia juga cukup toxic dan berlebihan dalam membela idolanya. Contohnya fandomnya Raffi Ahmad, Ayu Ting Ting, Syahrini yang terkenal fanatik.

Begitu sang idola dikritik atau di-bash, langsung dihujat balik. Kadang tanpa bukti kuat, langsung fitnah dan serang orang-orang yang dianggap anti idolanya.

Pokoknya fandom artis dan influencer ini selalu bersikap berlebihan dalam membela sang idola. Inilah yang bikin banyak orang males dan ogah berurusan dengan mereka.

Nah itu dia 10 fandom paling toxic versi netizen Indonesia saat ini. Menurut kalian, fandom mana lagi nih yang paling toxic dan bikin risih? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *