Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

12 Urban Legend Indonesia Paling Sensasional dan Menyeramkan!

Urban legend adalah cerita turun temurun tentang kejadian misterius yang diyakini kebenarannya meski belum terbukti, biasanya bertema mistis dan menyeramkan.

Tidak jarang kita mendengar cerita-cerita mistis yang katanya dialami teman dari teman kita. Misalnya saja cerita hantu yang suka nongkrong di sekolah, atau kisah makhluk halus berambut panjang di tikungan jalan. Cerita-cerita seperti inilah yang dikenal dengan sebutan urban legend.

Urban legend adalah cerita turun-temurun yang beredar di tengah masyarakat dan diyakini kebenarannya, meski sebetulnya belum tentu terbukti. Legenda perkotaan ini biasanya berkaitan dengan hal-hal mistis, horor, atau supranatural. Contoh populer urban legend di Indonesia adalah kuntilanak, genderuwo, wewe gombel, hantu kuyang, dan lain-lain.

Meskipun kebenarannya belum pasti, urban legend tetap mengakar kuat dalam budaya dan kepercayaan masyarakat Indonesia. Kisah-kisah seram nan misterius ini kerap muncul dalam obrolan sehari-hari maupun diangkat ke layar lebar dalam film-film horor lokal. Menariknya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki legenda lokalnya sendiri yang turun-temurun diceritakan.

Urban Legend Paling Terkenal di Indonesia

1. Terowongan Casablanca

urban legend

Terowongan Casablanca di Jakarta dikenal sebagai salah satu tempat paling angker di Indonesia. Banyak cerita misterius dan menyeramkan tentang tempat ini.

Konon, Terowongan Casablanca adalah lokasi bunuh diri seorang pria tua dengan cara gantung diri. Selain itu, banyak yang melihat penampakan sosok kuntilanak merah di terowongan ini.

Masyarakat percaya, pengendara harus membunyikan klakson 3 kali saat melintas agar terhindar dari gangguan makhluk halus. Kisah angker Terowongan Casablanca bahkan diangkat ke layar lebar dalam film berjudul sama pada 2007.

2. Hantu Jeruk Purut

Hantu tanpa kepala yang gentayangan di makam Jeruk Purut, Jakarta ini sudah sangat terkenal. Konon, hantu ini adalah arwah pastor zaman Belanda yang dibunuh.

Ia biasa muncul sambil membawa kepalanya sendiri karena mencari kuburannya yang hilang. Kisah seram ini diangkat dalam film Hantu Jeruk Purut pada 2006.

BACA:  Asal Usul Jin Tomang, Sosok Misterius Legenda Urban Jakarta

3. Mr. Gepeng

Mr. Gepeng adalah hantu pria kaya raya yang tubuhnya gepeng karena kecelakaan di lift atau tertabrak buldoser. Ini adalah salah satu legenda kota paling populer di Indonesia pada 1990-an.

Konon Mr. Gepeng bisa dipanggil dengan cara-cara tertentu. Kisahnya menyebar dengan cepat ke berbagai daerah.

4. Kolor Ijo

urban legend

Kolor Ijo adalah sosok makhluk menyeramkan berbulu lebat dengan celana dalam warna hijau yang suka memperkosa wanita. Konon ia adalah pria yang menyempurnakan ilmu hitam.

Cerita ini muncul pertama kali pada 2003 di Bekasi setelah beberapa wanita melaporkan diperkosa sosok Kolor Ijo. Kisahnya kemudian diangkat ke sinetron TV.

5. Suster Ngesot

Hantu suster ngesot berasal dari rumor di rumah sakit Jakarta, tentang suster yang tewas diperkosa dan kakinya dimutilasi lalu dikubur di laboratorium.

Ada juga versi lain yang mengatakan suster ngesot berasal dari panti jompo di Jawa Barat. Kisah seram dan populer ini diangkat ke layar lebar pada 2007.

6. Nenek Gayung

Sesosok nenek-nenek bertubuh bungkuk membawa gayung kelapa dan tikar anyaman muncul tiba-tiba di jalanan. Konon, ia akan memandikan mayat siapa saja yang ditemuinya dengan peralatan itu.

Legenda Nenek Gayung ini cukup populer hingga diangkat ke film pada 2011. Kisahnya cukup seram dan misterius.

7. Kuntilanak

urban legend

Kuntilanak adalah hantu wanita berambut panjang dan berpakaian putih dalam legenda Indonesia. Ia biasanya berwujud seperti saat meninggal dunia akibat melahirkan.

Banyak cerita tentang penampakan kuntilanak di pohon besar atau tempat sepi. Jeritannya yang khas konon bisa membuat bulu kuduk merinding. Kuntilanak adalah salah satu hantu paling ikonik di Indonesia.

Urban Legend Paling Menyeramkan di Indonesia

1. Si Manis Jembatan Ancol

Si Manis Jembatan Ancol adalah hantu gadis cantik yang sering muncul di sekitar Jembatan Ancol, Jakarta. Konon ia adalah korban pemerkosaan yang mayatnya dibuang ke laut di dekat sana.

Hingga kini, si Manis Jembatan Ancol masih jadi legenda menyeramkan di kalangan warga Jakarta. Banyak yang enggan melintas di jembatan itu saat malam.

BACA:  Menyusuri Sungai Dengan Kelotok, Transportasi Khas Kalimantan

2. Wewe Gombel

urban legend

Wewe Gombel adalah sosok menyeramkan yang suka menculik anak-anak. Ia digambarkan sebagai wanita gemuk berambut panjang dan buah dada besar.

Anak yang diculiknya akan diberi makan kotoran. Konon, Wewe Gombel hanya muncul menjelang maghrib. Mendengar namanya saja sudah membuat merinding.

3. Genderuwo

Genderuwo adalah makhluk halus berwujud pria besar dan berbulu lebat mirip kera. Ia hidup di hutan jauh dari pemukiman.

Siapapun yang masuk ke sarang Genderuwo bisa diculik dan diperkosa hingga hamil. Jeritannya yang keras dan menyeramkan kerap terdengar dari dalam hutan.

4. Sundel Bolong

Sundel Bolong adalah hantu wanita bergaun putih dengan lubang besar di punggungnya akibat dibunuh saat hamil di luar nikah. Ia biasa muncul di tempat sepi dan gelap.

Siapapun yang bertemu Sundel Bolong akan ditanyai soal janin dalam kandungannya yang hilang. Jika tidak bisa menjawab, korbannya akan mati mengenaskan.

5. Jin Tomang

Jin Tomang adalah makhluk halus penunggu daerah Tomang, Jakarta Barat. Ia berwujud hitam legam dengan mata merah menyala. Jin Tomang biasa muncul di malam Jumat dan bisa mencekik korbannya hingga mati.

Siapapun yang bertemu Jin Tomang diyakini akan sial atau celaka. Makhluk ini sangat ditakuti warga setempat hingga kini.

Itulah 7 urban legend paling sensasional dan menyeramkan di Indonesia beserta analisanya. Meski belum tentu nyata, namun kisah-kisah tersebut sudah turun temurun dan melekat erat dalam budaya Indonesia.

Tak jarang legenda kota ini kerap dijadikan ide cerita di film horor lokal. Kita tetap harus berpikir kritis dan tidak percaya begitu saja, meski juga waspada terhadap hal-hal aneh di sekeliling kita.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *