Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Sekolah Kedinasan Perhubungan: Jalur Favorit Menuju Masa Depan Cemerlang di Bidang Transportasi

Sekolah kedinasan perhubungan menawarkan pendidikan berkualitas dan jaminan karir di bidang transportasi. Temukan jalur menuju masa depan cemerlang!

Pernah membayangkan punya karir cemerlang di bidang transportasi? Terbang ke seluruh penjuru negeri sebagai seorang pilot? Berlayar mengarungi samudra sebagai pelaut handal? Atau menjadi ahli di bidang perkeretaapian dan menjaga kelancaran transportasi darat? Mimpi itu bisa kamu wujudkan dengan kuliah di sekolah kedinasan perhubungan!

Mari kita bahas lebih lanjut tentang apa itu sekolah kedinasan perhubungan, kenapa kamu harus masuk ke sana, dan bagaimana cara mewujudkan impianmu.

Apa itu Sekolah Kedinasan Perhubungan?

Sekolah kedinasan perhubungan adalah institusi pendidikan di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub). Berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya, lulusan sekolah kedinasan langsung diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) di instansi pemerintah. Keren banget, kan?

Di sekolah kedinasan perhubungan, kamu akan mempelajari berbagai bidang transportasi, mulai dari penerbangan, pelayaran, hingga perkeretaapian. Tidak hanya teori, kamu juga akan mendapatkan banyak pengalaman praktik langsung di lapangan.

Jenis-Jenis Sekolah Kedinasan Perhubungan

sekolah kedinasan perhubungan

Sekolah kedinasan perhubungan terbagi menjadi tiga matra, yaitu:

  1. Matra Darat, terdiri dari:
    • Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) STTD
    • Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
    • Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal
    • Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (POLTEKTRANS SDP) Palembang
    • Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali
  2. Matra Laut, terdiri dari:
    • Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar
    • Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya
    • Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Malahayati Aceh
    • Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Sorong
  3. Matra Udara, terdiri dari:
    • Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
    • Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Surabaya
    • Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Makassar
    • Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Medan
    • Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Jayapura

Selain itu, ada juga Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) di Jakarta dan Akademi Penerbang Indonesia (API) di Banyuwangi.

BACA:  Pendaftaran PKN STAN 2024: Jadwal, Syarat, dan Panduan Lengkap

Kenapa Harus Kuliah di Sekolah Kedinasan Perhubungan?

Kuliah di sekolah kedinasan perhubungan punya banyak keuntungan yang tidak kamu dapatkan di tempat lain, lho! Apa saja itu?

1. Jaminan Kerja Setelah Lulus

Setelah lulus dari sekolah kedinasan perhubungan, kamu akan langsung diangkat menjadi ASN di Kementerian Perhubungan atau instansi terkait. Artinya, kamu tidak perlu pusing memikirkan masalah mencari kerja setelah lulus.

2. Biaya Pendidikan Ditanggung Negara

Kamu tidak perlu khawatir soal biaya kuliah, karena sekolah kedinasan perhubungan memberikan beasiswa penuh bagi para tarunanya. Biaya akademik seperti SPP semester, akan ditanggung oleh pemerintah. Kamu hanya perlu fokus belajar dan berprestasi.

3. Pendidikan Berkualitas dan Pengalaman Praktik Lapangan

Sekolah kedinasan perhubungan tidak main-main dalam memberikan pendidikan terbaik bagi para tarunanya. Selain pengetahuan teoretis, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman praktik langsung di lapangan, seperti praktek terbang, praktek berlayar, atau praktek di stasiun kereta api.

4. Jaringan dan Koneksi yang Luas

Dengan menjadi bagian dari sekolah kedinasan perhubungan, kamu akan memiliki jaringan dan koneksi yang luas di industri transportasi. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan karir dan peluang-peluang di masa depan.

Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan Perhubungan

Tertarik untuk mendaftar sekolah kedinasan perhubungan? Berikut langkah-langkahnya:

1. Cek Persyaratan Pendaftaran

Pastikan kamu memenuhi persyaratan pendaftaran, seperti:

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulusan SMA/MA/SMK sederajat, sesuai dengan jurusan yang dipilih
  • Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun pada 1 September tahun pendaftaran
  • Nilai rata-rata ujian tertulis pada ijazah minimal 7,0 (skala 1-10) atau 70,00 (skala 10-100), khusus untuk formasi Orang Asli Papua 6,5 atau 65,00
  • Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, khusus prodi PKP/OBU/MBU/MTU minimal 165 cm (pria) dan 160 cm (wanita)
  • Tidak bertato, tidak ditindik (kecuali wanita maksimal 1 pasang di telinga), dan persyaratan lainnya

2. Pilih Sekolah dan Program Studi

Pilih sekolah dan program studi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Ingat, kamu hanya boleh memilih 1 program studi di 1 sekolah kedinasan.

BACA:  7 Sekolah Kedinasan yang Mudah Masuknya, Beserta Tips Agar Bisa Lolos!

3. Lakukan Pendaftaran Online

Pendaftaran sekolah kedinasan perhubungan dilakukan secara online melalui portal https://dikdin.bkn.go.id/. Pastikan mengisi data dengan benar dan mengunggah semua dokumen yang diperlukan.

4. Ikuti Seleksi dengan Sungguh-sungguh

Proses seleksi terdiri dari beberapa tahap, seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tes kesehatan, tes kesamaptaan, psikotes, hingga wawancara. Persiapkan diri dengan baik dan ikuti setiap tahapan seleksi dengan sungguh-sungguh.

Kesimpulan

Kuliah di sekolah kedinasan perhubungan bisa menjadi langkah awal menuju karir impianmu di bidang transportasi. Dengan pendidikan berkualitas, pengalaman praktik lapangan, dan jaminan kerja setelah lulus, sekolah kedinasan perhubungan layak menjadi pilihan bagi lulusan SMA/SMK sederajat.

Jadi tunggu apalagi? Segera cek syarat pendaftaran, pilih program studi favoritmu, dan daftarkan diri di sekolah kedinasan perhubungan. Masa depan cerahmu di industri transportasi sudah menunggu!

Selamat berjuang, calon taruna/taruni hebat! Semoga artikel ini bisa menjadi panduan bermanfaat untukmu. Jika punya pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk mencari informasi di website resmi Kemenhub ya. Sampai ketemu di sekolah kedinasan perhubungan!

Share: