Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kucing Maine Coon: Si Besar yang Gagah dan Lucu, Bikin Gemas!

Kucing Maine Coon dikenal sebagai ras kucing tertua asal Amerika dengan tubuh besar dan berotot yang ditutupi bulu panjang lebat. Sifatnya yang ramah menjadikan

Kucing Maine Coon adalah salah satu jenis kucing peliharaan yang sedang populer di Indonesia. Kucing yang berasal dari Maine, Amerika Serikat ini memiliki ciri fisik yang unik dan menarik perhatian.

Tubuhnya yang besar dan berotot, ditambah bulu yang panjang dan lebat, membuat penampilan kucing Maine Coon terlihat gagah dan elegan disaat bersamaan. Tak heran banyak orang jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat kucing lucu nan rupawan ini.

Penasaran kan sama asal-usul, ciri fisik, sifat, dan perawatan kucing Maine Coon? Yuk, kita bahas lebih lanjut di artikel ini!

Asal Mula Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon diyakini sebagai satu-satunya jenis kucing asli Amerika yang memiliki bulu panjang. Asal muasal kucing Maine Coon sendiri masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

Ada beberapa teori mengenai asal usul kucing Maine Coon, di antaranya:

Hasil Persilangan Alami

Teori yang paling banyak diterima menyebutkan Maine Coon berasal dari persilangan alami antara kucing-kucing liar asli Maine dengan kucing domestik yang dibawa oleh para pelaut dan pedagang dari Eropa.

Kucing hasil persilangan ini kemudian beradaptasi dengan baik pada lingkungan dan iklim di Maine yang bersalju, hingga lambat laun menjadi ras kucing baru yang khas.

Dibawa oleh Para Pelaut

Teori lain mengatakan kucing pertama Maine Coon dibawa ke Amerika oleh para pelaut dan pedagang dari Eropa pada abad ke-19.

Kucing-kucing ini kemudian meninggalkan kapal dan berkembang biak di alam liar Maine hingga terbentuk ras baru yang menyerupai kucing asli Maine.

Hadiah dari Ratu Prancis

Legenda lain yang cukup populer menyebutkan kucing Maine Coon merupakan hadiah dari Ratu Prancis Marie Antoinette untuk pengikut setianya, Captain Samuel Clough, pada tahun 1793.

BACA:  12 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Ampuh

Keenam ekor kucing kesayangan Ratu ini dibawa melarikan diri ke Maine untuk menghindari hukuman pancung. Kucing-kucing cantik inilah yang kemudian menurunkan ras Maine Coon.

Namun, kebenaran legenda ini masih diperdebatkan hingga kini. Meski begitu, kisah ini tetap menambah pesona tersendiri pada asal-usul kucing Maine Coon.

kucing maine coon

Ciri-Ciri Khas Maine Coon

Kucing Maine Coon memiliki penampilan fisik yang berbeda dari ras kucing lainnya. Berikut adalah ciri-ciri utama yang dimiliki oleh kucing Maine Coon:

Ukuran Tubuh Besar

Ciri paling mencolok dari kucing Maine Coon adalah ukuran tubuhnya yang besar dan berotot. Kucing jantan dewasa bisa mencapai berat 8-10 kg dengan panjang hingga 100 cm.

Sementara kucing betina biasanya berkisar 5-7 kg dengan panjang sekitar 90 cm. Maine Coon adalah ras kucing domestik terbesar di dunia!

Kepala Lebar dan Moncong Kotak

Kepala Maine Coon cenderung lebar dan moncongnya berbentuk persegi atau kotak, berbeda dengan kebanyakan kucing yang moncongnya runcing.

Kening Maine Coon sedikit melengkung ke belakang dan tulang pipinya tinggi dan menonjol.

Mata Lebar Oval

Mata Maine Coon besar dan berbentuk oval. Warnanya beragam mulai dari hijau, kuning, atau campuran keduanya. Kucing Maine Coon putih seringkali memiliki mata berwarna biru.

Telinga Tinggi Lancip

Telinga kucing Maine Coon sangat lebar di bagian bawahnya dengan ujung runcing. Telinga lebar ini dipercaya memiliki fungsi membantu Maine Coon berburu mangsa di alam liar.

Leher Berotot

Leher Maine Coon terlihat kuat dan berotot. Leher jantan biasanya ditumbuhi bulu yang tebal mirip singa jantan.

Kaki Besar dan Kukuh

Kaki Maine Coon besar dan kokoh untuk menopang tubuhnya yang besar. Telapak kakinya lebar dan bulat membentuk huruf M saat dilihat dari depan.

Ekor Panjang dan Rumbai

Ekor Maine Coon sangat panjang bisa mencapai 33-41 cm. Ekor ditumbuhi bulu tebal dan rumbai yang indah. Bentuk ekornya yang mirip ekor rakun memunculkan legenda tentang asal-usul kucing Maine Coon.

Bulu Panjang dan Lembut

Bulu adalah ciri paling ikonik dari kucing Maine Coon. Bulunya panjang, lebat, dan bertekstur lembut.

Panjang bulu di leher, dada, dan pantat bisa mencapai 7-10 cm. Maine Coon memiliki lapisan bulu bagian dalam dan luarnya.

Bulu bagian luar berfungsi melindungi tubuh dari air dan salju. Itulah sebabnya kucing Maine Coon tahan cuaca dingin.

kucing maine coon

Pola dan Warna Bulu Maine Coon

Kucing Maine Coon hadir dalam beragam pola dan warna bulu yang unik dan cantik, yaitu:

Pola Tabi Klasik

Pola paling umum pada Maine Coon. Disebut tabi atau tabby dalam bahasa Inggris. Bergaris-garis seperti harimau pada tubuh bagian atas dan berbintik-bintik di perut dan dada.

Warna tabi yang paling populer adalah coklat, biru, merah, krem, perak, dan kombinasinya.

BACA:  Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Cara Merawatnya Hingga Melahirkan

Pola Solid

Bulu Maine Coon berwarna solid atau satu warna saja, tanpa belang atau corak. Warna bulu solid yang paling umum adalah putih, hitam, biru, dan merah.

Pola Calico

Campuran tiga warna pada bulu, umumnya putih, hitam, dan merah. Kucing betina Maine Coon banyak yang berpola calico.

Pola Tempurung Kura-kura

Pola ini didominasi warna hitam atau biru tua di bagian atas tubuh, dan warna lebih muda di bagian bawah, mirip tempurung kura-kura.

5 Sifat Utama Kucing Maine Coon

Di balik penampilan fisiknya yang gagah dan garang, kucing Maine Coon sebenarnya memiliki kepribadian yang sangat ramah dan manja. Berikut 5 sifat utama kucing Maine Coon:

1. Ramah dan Manja

Kucing Maine Coon sangat ramah dan enjoy bermanja-manja dengan pemiliknya. Mereka senang menempel dan suka dipangku. Sifat manjanya berbanding terbalik dengan tubuhnya yang besar.

2. Pintar dan Penurut

Kucing Maine Coon tergolong cerdas dan mudah dilatih. Mereka cepat mengerti perintah dan penurut. Bisa diajak bermain fetch layaknya anjing.

3. Vokal dan Komunikatif

Maine Coon dikenal sangat vokal, suka bersuara untuk mengekspresikan keinginannya. Mereka juga pandai merespons panggilan dan ajakan bermain dari pemilik.

4. Aktif dan Penjelajah

Ras kucing ini sangat aktif, enerjik, dan senang berpetualang menjelajahi lingkungan sekitar. Mereka bosan dengan rutinitas dan butuh stimulasi mental.

5. Mencintai Air

Tidak seperti kucing kebanyakan, Maine Coon menyukai air dan pandai berenang. Mereka suka bermain air dan mandi. Bulu Maine Coon tahan air sehingga tak masalah basah kuyup.

kucing maine coon

Perawatan untuk Kucing Maine Coon

Merawat kucing Maine Coon tentu membutuhkan perhatian ekstra karena tubuh dan bulunya yang besar. Beberapa tips perawatan Maine Coon:

Menyikat Bulu Secara Rutin

Bulu tebal Maine Coon perlu disikat lembut setiap hari untuk mencegah kusut dan mengeluarkan bulu rontok. Sisir dari logam bertabur bisa merusak bulunya.

Memandikan Secukupnya

Karena tahan air, Maine Coon sebenarnya tak perlu dimandikan terlalu sering. Cukup sebulan sekali agar minyak alami pada bulunya tidak hilang. Gunakan shampoo kucing berkualitas.

Memotong Kuku

Kuku Maine Coon perlu dipotong rutin supaya tidak terlalu panjang dan melukai saat mencakar. Gunakan kikir kuku kucing atau minta bantuan dokter hewan.

Membersihkan Telinga

Bersihkan bagian dalam telinga Maine Coon seminggu sekali menggunakan cotton buds untuk mencegah infeksi telinga. Jangan dimasukkan terlalu dalam agar tidak melukai gendang telinga.

Menyikat Gigi

Gusi dan gigi Maine Coon rentan bermasalah karena ukuran tubuhnya yang besar. Menyikat gigi 2-3 kali seminggu dapat membersihkan plak dan mencegah penyakit mulut.

Olahraga dan Permainan

Kucing Maine Coon sangat aktif dan butuh banyak olahraga serta stimulasi mental agar tidak stres atau depresi. Ajaklah berlarian dan bermain menggunakan mainan interaktif setiap hari.

BACA:  Kucing Maine Coon Mix Persia: Keunikan Campuran Dua Ras Kucing Populer

Makanan untuk Kucing Maine Coon

Memilih makanan yang tepat sangat penting untuk kesehatan kucing Maine Coon. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Kandungan Protein Tinggi

Kucing Maine Coon membutuhkan asupan protein tinggi untuk mendukung pertumbuhan otot dan tubuhnya yang besar. Pilih makanan kucing dengan protein hewani seperti daging ayam, itik, atau ikan.

Rendah Karbohidrat

Hindari makanan kucing dengan kadar karbohidrat tinggi karena dapat menyebabkan obesitas. Pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat alami dari sayuran dan buah-buahan.

Kaya Asam Lemak Omega

Asam lemak Omega 3 dan Omega 6 penting untuk kesehatan bulu dan kulit kucing Maine Coon. Pastikan ada kandungan ikan salmon, tuna, atau minyak ikan berkualitas di dalamnya.

Serat Alami

Serat pangan alami dari sayuran dan buah diperlukan untuk mendukung sistem pencernaan Maine Coon. Hindari makanan yang mengandung serat dari bahan sintetis.

Ukuran Butiran Besar

Kucing Maine Coon membutuhkan makanan kering bertekstur kasar dan butiran besar untuk merawat gigi dan gusinya. Hindari jenis pelet kecil yang dikunyah dalam sekali telan.

Dengan memilih makanan berkualitas yang sesuai, Anda dapat memastikan kucing Maine Coon kesayangan tumbuh sehat dan kuat!

Kesehatan Kucing Maine Coon Perlu Diperhatikan

Sebagai ras murni tertua di Amerika, kucing Maine Coon rentan mengalami gangguan kesehatan tertentu, seperti:

Penyakit Jantung

Maine Coon rawan menderita penyakit jantung bawaan, seperti kardiomiopati hipertrofik (HCM). Gejala yang timbul antara lain sesak napas, denyut jantung cepat, dan kelelahan.

Displasia Pinggul

Kondisi panggul abnormal yang menyebabkan kesulitan berjalan. Gejala yang timbul adalah nyeri sendi, pincang, dan enggan melompat.

Stomatitis

Peradangan pada gusi dan mulut. Gejala yang timbul adalah bau mulut tak sedap, gigi berlubang, dan pembengkakan gusi.

Polikistik Ginjal

Gangguan ginjal akibat terbentuknya kista di organ ginjal. Gejala yang timbul adalah sering buang air kecil, muntah, dan menurunnya nafsu makan.

Obesitas

Kelebihan berat badan akibat pola makan berlebih dan kurangnya aktivitas fisik. Resiko timbulnya diabetes, radang sendi, dan penyakit jantung.

Untuk mencegah masalah kesehatan ini, pemilik disarankan membawa Maine Coon ke dokter hewan secara berkala untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan skrining penyakit genetik.

Berapa Harga Kucing Maine Coon di Indonesia?

Kucing Maine Coon tergolong mahal dibanding ras kucing lainnya. Berikut kisaran harga rata-rata kucing Maine Coon di Indonesia:

Anak Kucing (Kitten)

  • Maine Coon Kitten Non Pedigree: Rp 2,5 juta – Rp 5 juta
  • Maine Coon Kitten Pedigree: Rp 10 juta – Rp 15 juta

Dewasa

  • Maine Coon Dewasa Non Pedigree: Rp 3,5 juta – Rp 7 juta
  • Maine Coon Dewasa Pedigree: Rp 12 juta – Rp 25 juta

Harga tersebut belum termasuk biaya kandang dan perawatan. Untuk mendapatkan Maine Coon Pedigree asli, disarankan membeli langsung dari peternak profesional bersertifikat.

Sifat kucing Maine Coon yang ramah dan aktif juga cocok sebagai teman bermain anak-anak. Meski membutuhkan perawatan ekstra, keunikan dan kecantikan alami kucing Maine Coon tentu sangat sepadan dengan perhatian dan kasih sayang yang diberikan pemiliknya.

Jadi, tertarik untuk memelihara kucing Maine Coon di rumah? Yuk cari info lengkap tentang peternak Maine Coon terdekat agar bisa mendapatkan kucing impian dengan kualitas terbaik. Jangan lupa untuk selalu mendampingi dan merawatnya dengan penuh cinta agar kalian bisa menjalin ikatan batin yang erat. Selamat memiliki kucing Maine Coon idaman!

Referensi:

https://www.thesprucepets.com/maine-coon-cat-breed-profile-characteristics-and-care-5221962

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *