Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

7 Khasiat Ashwagandha yang Bikin Hidupmu Lebih Sehat dan Bahagia

Khasiat ashwagandha antara lain meredakan stres dan kecemasan, mengurangi gejala gangguan mental, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kualitas tidur,

Supersell.id – Pernah dengar tentang ashwagandha? Lalu, apakah kamu tahu khasiat ashwagandha yang katanya bisa bikin hidup lebih sehat dan bahagia? Ashwagandha mungkin belum terlalu familiar di telinga sebagian besar orang Indonesia. Padahal, tanaman herbal yang juga dikenal sebagai “ginseng India” ini memiliki sederet khasiat luar biasa yang sayang jika dilewatkan!

Ashwagandha (Withania somnifera) merupakan tanaman asal India yang sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional di negara asalnya. Meski tidak sepopuler ginseng, tanaman ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan yang tak kalah hebat.

Mulai dari meredakan stres dan kecemasan, meningkatkan fungsi otak, hingga memperbaiki kesuburan pria – ashwagandha benar-benar tanaman ajaib yang wajib kamu tahu!

7 Khasiat Ashwagandha

Nah, apa saja sih khasiat-khasiat ashwagandha yang bikin hidup kamu jadi lebih sehat dan bahagia? Simak rangkumannya di bawah ini:

khasiat ashwagandha

1. Meredakan Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan adalah dua kondisi yang sering kali bikin kita merasa tidak nyaman dan terganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, ashwagandha hadir sebagai solusi alami untuk mengatasi masalah ini.

Tanaman herbal ini diketahui memiliki sifat adaptogen, yaitu dapat membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres. Dengan rutin mengonsumsi ashwagandha, kamu bisa menurunkan kadar hormon kortisol yang dihasilkan saat stres.

Selain itu, ashwagandha juga dapat merangsang otak untuk melepaskan lebih banyak hormon serotonin yang membuat kamu merasa lebih bahagia.

Sebuah penelitian pada 58 partisipan menunjukkan bahwa konsumsi suplemen ashwagandha selama 8 minggu secara signifikan dapat menurunkan tingkat stres, dibandingkan dengan mereka yang hanya diberikan plasebo.

2. Mengurangi Gejala Gangguan Mental

Selain meredakan stres dan kecemasan, ashwagandha juga terbukti dapat membantu mengurangi gejala gangguan mental lainnya.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tanaman herbal ini memiliki efek mirip dengan antidepresan, sehingga bisa membantu mengontrol gejala depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, dan gangguan bipolar.

BACA:  Penyebab Keringat Dingin dan Cara Mengatasinya

Namun, penggunaan ashwagandha tidak bisa menggantikan terapi dan pengobatan lain yang diberikan oleh dokter. Tetap konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu khasiat ashwagandha yang paling menarik adalah kemampuannya untuk meningkatkan fungsi otak.

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam tanaman ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak dalam memproses informasi, mengingat, dan menentukan keputusan.

Manfaat ini sangat baik bagi orang-orang yang mengalami gangguan kognitif, seperti Alzheimer, penyakit Parkinson, penyakit Huntington, atau disleksia.

Selain itu, ashwagandha juga diketahui dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada penderita gangguan bipolar dan skizofrenia.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Insomnia atau masalah tidur lainnya yang berkaitan dengan stres dan kecemasan juga bisa diatasi dengan bantuan ashwagandha. Tanaman herbal ini diketahui dapat memberikan efek tenang sehingga bisa membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Dengan tidur yang berkualitas, kamu bisa menikmati berbagai manfaat lain, seperti kondisi kesehatan fisik dan mental yang terjaga dengan baik. Jadi, jangan ragu untuk mencoba ashwagandha jika kamu sedang mengalami masalah tidur.

5. Meningkatkan Kesuburan Pria

Bagi pria yang sedang merencanakan memiliki keturunan, ashwagandha bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kesuburan.

Senyawa aktif dalam tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma, termasuk jumlah, pergerakan, dan bentuknya. Selain itu, ashwagandha juga berperan dalam peningkatan kadar hormon testosteron dalam tubuh pria.

Tentunya, peningkatan kesuburan ini perlu diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Jadi, jangan hanya mengandalkan ashwagandha saja, ya.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi kamu yang mengidap diabetes, ashwagandha juga bisa menjadi pilihan pengobatan alami.

Senyawa aktif yang disebut withaferin A di dalam tanaman ini diyakini dapat membantu sel-sel tubuh untuk memproses glukosa dengan baik, sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Meskipun demikian, konsumsi ashwagandha untuk pengobatan diabetes tetap harus konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Jangan sampai menghentikan pengobatan medis yang sedang kamu jalani.

khasiat ashwagandha

7. Manfaat Lainnya

Selain manfaat-manfaat di atas, ashwagandha juga diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membunuh sel-sel kanker.

BACA:  Codikaf, Obat Antitusif dan Analgetik Bermanfaat Namun Perlu Kehati-hatian

Berhati-hati dalam Mengonsumsi Ashwagandha

Walaupun memiliki banyak khasiat, kamu tetap perlu berhati-hati saat mengonsumsi ashwagandha.

Konsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat memicu gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, sakit perut, hingga diare. Beberapa kasus juga melaporkan adanya gangguan hati setelah kelebihan minum obat ini.

Suplemen dan tanaman herbal ashwagandha juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat antihiperglikemik, obat penenang, obat imunosupresan, dan obat tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan ashwagandha, terutama jika kamu sedang hamil, menyusui, atau memiliki penyakit autoimun.

Simpulan

Ashwagandha memang tidak terlalu familiar di Indonesia, tapi tanaman herbal asal India ini ternyata memiliki sederet khasiat luar biasa yang wajib kamu ketahui.

Mulai dari meredakan stres dan kecemasan, meningkatkan fungsi otak, hingga memperbaiki kesuburan pria – ashwagandha benar-benar tanaman ajaib yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja manfaat ashwagandha? Jangan ragu untuk mencoba tanaman herbal ini sebagai salah satu solusi alami untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan hidupmu. Tetap konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, ya!

Share: