Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur agar Tetap Nyenyak

Beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, antara lain seperti tidur dengan posisi kepala agak tinggi, menggunakan pelembap udara, mandi air hangat,

Hidung tersumbat saat tidur tentu sangat mengganggu dan membuat tidak bisa tidur nyenyak. Kondisi ini disebabkan karena adanya penumpukan lendir atau pembengkakan pembuluh darah di sekitar hidung yang menyumbat saluran pernapasan.

Nah, lantas apa saja penyebab hidung tersumbat saat tidur? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak analisa lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Hidung Tersumbat Saat Tidur

Ada berbagai hal yang bisa memicu terjadinya hidung tersumbat saat akan tidur, di antaranya:

Flu dan Pilek

Flu atau pilek adalah penyebab paling umum hidung tersumbat terjadi. Saat terkena flu atau pilek, tubuh memproduksi lendir atau ingus berlebih untuk melawan virus penyebabnya.

Lendir yang berlebihan inilah yang kemudian menyumbat saluran pernapasan dan membuat hidung terasa tersumbat. Rasa tidak nyaman ini akan semakin terasa saat berbaring untuk tidur.

Alergi

Orang-orang dengan alergi, seperti rinitis alergi, juga rentan mengalami hidung tersumbat saat hendak tidur.

Paparan terhadap alergen seperti debu, bulu hewan, atau tungau debu di kamar tidur bisa memicu reaksi alergi berupa pembengkakan pada hidung dan produksi lendir berlebih hingga menyumbat hidung.

Sinusitis

Peradangan pada sinus yang biasa disebut sinusitis juga bisa jadi penyebab hidung tersumbat. Saat sinusitis, lendir menumpuk dan membengkak di sinus sehingga menyumbat saluran pernapasan dan hidung terasa tersumbat.

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur

Polip Hidung

Polip atau benjolan kecil di hidung bisa menyempitkan saluran pernapasan dan menyebabkan hidung terasa tersumbat. Polip hidung biasanya terjadi karena reaksi berlebihan tubuh terhadap alergen.

BACA:  7 Khasiat Ashwagandha yang Bikin Hidupmu Lebih Sehat dan Bahagia

Udara Kering

Udara yang terlalu kering bisa menyebabkan iritasi pada selaput lendir hidung. Akibatnya, hidung akan memproduksi lendir berlebih hingga saluran menjadi tersumbat, terutama saat udara semakin kering di malam hari.

Merokok

Asap rokok diketahui bisa memicu peradangan pada saluran pernapasan. Hal ini pada akhirnya bisa menimbulkan lendir berlebihan hingga hidung terasa tersumbat saat akan tidur.

Nah, setelah mengetahui berbagai penyebab yang memungkinkan, selanjutnya kita akan bahas cara mengatasi hidung tersumbat agar bisa tetap tidur nyenyak di malam hari.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat agar Tetap Nyenyak Saat Tidur

Berikut ini adalah berbagai cara alami hingga medis yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur:

1. Tidur dengan Kepala Lebih Tinggi

Cara pertama adalah dengan meninggikan posisi kepala saat tidur menggunakan bantal ekstra. Posisi ini membantu mengurangi tekanan pada hidung sehingga lendir atau cairan yang menyumbat bisa mengalir lebih mudah.

Namun, pastikan tidak meninggikan kepala terlalu tinggi karena bisa memicu nyeri leher dan otot. Cukup gunakan 1 hingga 2 bantal tambahan untuk menopang kepala dan bahu agar posisi tidur nyaman.

2. Menggunakan Pelembap Ruangan

Jika hidung tersumbat karena udara kering, gunakan pelembap ruangan atau humidifier di kamar tidur. Ini akan melembapkan udara sehingga lendir di hidung bisa menipis dan tidak menyumbat napas.

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur

Pelembap ruangan juga bisa mengurangi iritasi pada selaput lendir akibat udara kering. Pastikan membersihkan humidifier secara rutin agar tidak jadi sarang bakteri.

3. Mandi dengan Air Hangat Sebelum Tidur

Rendam tubuh dalam air hangat sebelum tidur bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Uap air hangat melembutkan lendir kental di hidung sehingga bisa mengalir keluar dengan lebih mudah.

Sensasi hangat dari air mandi juga bisa melegakan hidung tersumbat dan membuat pernapasan terasa lebih lancar setelahnya. Gunakan suhu air hangat, hindari terlalu panas agar tidak melukai kulit.

4. Minum Air Putih yang Banyak

Minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa membantu mengencerkan lendir di hidung yang menyumbat saluran pernapasan. Selain itu, tetap terhidrasi juga penting agar lendir tidak kental.

BACA:  Cepezet, Obat Antipsikotik Fenotiazin untuk Gangguan Mental

Minumlah setidaknya 6 hingga 8 gelas air putih setiap harinya. Jangan lupa minum 1 sampai 2 gelas air putih sebelum tidur agar hidung tetap lembap dan tidur lebih nyenyak.

5. Bersihkan Hidung Menggunakan Larutan Garam

Membersihkan hidung menggunakan larutan garam dan air steril atau larutan saline bisa mengurangi lendir yang menyumbat pernapasan. Anda cukup membuat larutan garam dengan melarutkan 1 sendok teh garam dapur ke dalam air hangat.

Kemudian, gunakan alat khusus seperti neti pot untuk menyemprotkan larutan garam tersebut ke salah satu lubang hidung hingga keluar di sisi lainnya. Lakukan 2-3 kali sehari untuk hasil maksimal.

6. Hindari Merokok di Dalam Ruangan

Asap rokok bisa memicu iritasi dan peradangan pada hidung, sehingga menyebabkan hidung terasa tersumbat saat akan tidur. Sebaiknya hindari merokok di dalam rumah terutama kamar tidur.

7. Gunakan Alat Bantu Pernapasan

Jika hidung benar-benar tersumbat hingga sulit bernapas, gunakan alat bantu pernapasan seperti nasal strip. Alat sederhana ini berfungsi untuk membuka sedikit lubang hidung agar udara lebih leluasa masuk.

8. Konsumsi Obat yang Sesuai

Obat tertentu bisa membantu mengatasi hidung tersumbat akibat flu, alergi, atau pilek. Beberapa jenis obat yang biasa diresepkan antara lain:

  • Dekongestan, membantu mengurangi pembengkakan pada hidung
  • Antihistamin, meredakan respon alergi berlebih
  • Kortikosteroid, mengurangi peradangan pada hidung
  • Antibiotik, mengatasi infeksi bakteri penyebab hidung tersumbat

Namun, pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter agar aman dan efektif mengatasi masalah.

9. Hindari Paparan Alergen

Jika hidung tersumbat disebabkan alergi, hindari paparan terhadap alergen pemicunya. Bersihkan kamar tidur dari debu, sekat hewan peliharaan, dan sumber alergen lain yang memungkinkan.

Gunakan sarung bantal dan guling anti alergi, serta cuci sprei dan selimut secara rutin. Meminimalisir alergen di kamar tidur bisa mengurangi hidung tersumbat saat tidur.

10. Lakukan Kompres Air Hangat

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur

Kompres dengan air hangat di area sekitar hidung juga bisa dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat. Caranya cukup sederhana:

  • Siapkan handuk kecil dan rendam dengan air hangat
  • Peras handuk agar tidak terlalu basah
  • Tempelkan handuk tersebut di sekitar hidung, pipi, dan kening
  • Lakukan kompres selama 5-10 menit
  • Ulangi beberapa kali jika perlu
BACA:  Memahami Diaforesis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mengatasinya

Kompres hangat ini dapat melemaskan otot hidung dan membantu lendir agar lebih mudah dikeluarkan.

11. Lakukan Inhalasi Uap

Cara lainnya adalah dengan menghirup uap air agar hidung terasa lebih lega. Caranya:

  • Didihkan air dalam panci kecil
  • Tutup kepala dengan handuk lebar, kemudian posisikan wajah di atas panci
  • Hirup uap air yang keluar dari panci selama beberapa menit
  • Lakukan 2-3 kali sehari untuk hasil maksimal

Menghirup uap air panas dapat melembutkan lendir yang menyumbat hidung dan membuat pernapasan lebih lancar.

Nah, itu dia berbagai cara alami hingga medis yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat agar tidur tetap nyenyak dan berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *